NASIONAL

Polisi Akan Razia Pemudik Motor dengan Beban Berlebih

"Polisi akan merazia pemudik yang menggunakan motor dengan beban berlebih."

KAI Madiun
Sejumlah pemudik dengan sepeda motor melintasi Jalan Raya Semarang-Solo di Tuntang, Kabupaten Semarang, Kamis (14/6/2023). (Foto: ANTARA/Aditya Pradana

KBR, Jakarta – Polisi akan merazia pemudik yang menggunakan motor dengan beban berlebih. Kapolda Metro Jaya Karyoto mengatakan pemudik motor yang membawa barang bawaan banyak bisa membahayakan diri sendiri.

Karyoto menyebut akan ada razia di pos pelayanan dan pengamanan di sepanjang jalur mudik.

"Dari jarak yang 47 kilometer di Bekasi ya jalan arteri, kami buka namanya nanti ada pos pelayanan dan pengamanan, jadi satu. Karena di situ juga kami nanti akan skrining saudara-saudara kita yang mudik pakai motor, yang membahayakan dia sendiri. Misalnya motor membawa beban yang cukup banyak, nah itu kalau membahayakan ya kami razia di situ," ucap Karyoto usai Rakor Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Dia mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran 2024.

Jika memang lokasi tujuan masih tergolong dekat, dia meminta pemudik mempersiapkan keamanan dan kenyamanan.

Baca juga:

Dia juga mengimbau masyarakat tidak membawa balita saat mudik menggunakan sepeda motor.

"Pengendara motor yang membawa anak-anak balita, ini juga akan kami skrining di situ kita, akan kami imbau untuk tidak melakukan (mudik pakai motor) karena balita ini tidak banyak bicara, nanti dianggapnya nurut tahu-tahunya dia kecapekan," ujarnya.

Editor: Wahyu S.

  • arus mudik
  • Lebaran 2024
  • Idulfitri 2024
  • Polisi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!