NASIONAL

Cek Fakta: Video dengan Narasi bahwa Ribuan Umat di Jeddah Deklarasi Anies Baswedan

"Top Three Hoax of The Week"

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- beredar video dengan narasi yang mengatakan ribuan umat dari Jeddah, Arab Saudi mendeklarasikan Anies sebagai Presiden dari Jeddah. Pada gambar sampul terdapat jamaah haji yang membentangkan banner Anies Baswedan Presiden 2024. Konten yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @TURNBACKHOAXID.

Tapi setelah ditelusuri, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi videonya adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Baca juga:

Cek Fakta: Foto Suntingan Jokowi Menyalami Cak Nun di RS

Cek Fakta: Narasi Pertandingan Timnas Indonesia vs Portugal 28 Juli 2023?

Cek Fakta: PBB Dinarasikan Ganti Semua Bendera Anggota Jadi Bendera LGBT?

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 13 - 19 Juli 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Foto Suntingan Anies Baca Buku 1001 Jurus Menipu

Sebuah akun media sosial Facebook menyebarkan foto anies sedang membaca buku berjudul "1001 Jurus Menipu". Setelah ditelusuri, foto tersebut bukanlah gambar asli. Melainkan foto suntingan dari postingan Instagram bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

Foto dengan Narasi Daging Babi Utuh Tak Terjarah di Prancis

Media sosial Twitter dihebohkan dengan foto yang disertai narasi yang mengklaim hanya daging atau bacon babi yang masih tertata rapi saat perampokan pada kerusuhan di Perancis tahun 2023. Namun, hasil penelusuran fakta menunjukkan bahwa narasi yang disematkan pada foto tersebut menyesatkan.

Video dengan Narasi bahwa Ribuan Umat di Jeddah Deklarasi Anies Baswedan

Tak hanya di peringkat tiga tadi, rupanya di urutan pertama juga beredar hoaks soal bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan. Di mana beredar video dengan narasi yang mengatakan ribuan umat dari Jeddah, Arab Saudi mendeklarasikan Anies sebagai Presiden dari Jeddah. Pada gambar sampul terdapat jamaah haji yang membentangkan banner Anies Baswedan Presiden 2024. Konten yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @TURNBACKHOAXID.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

  • Cek Fakta
  • Top Three Hoax of The Week

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!