NASIONAL

Cek Fakta: Foto Suntingan Jokowi Menyalami Cak Nun di RS

"Top Three Hoax of The Week"

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Di media sosial Twitter beredar foto suntingan Presiden Joko Widodo tengah bersalaman dengan Cak Nun yang terbaring di rumah sakit. Sebelumnya Cak Nun alias Emha Ainun Nadjib terbaring sakit dan dirawat di RSUP dr Sardjito, Yogyakarta. Presiden Jokowi memang sudah menyenguk budayawan sekaligus sastrawan tersebut, namun foto yang beredar di media sosial seolah mereka tengah bersalaman adalah hasil suntingan. Konten yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @turnbackhoaxid.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 6 - 12 Juli 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Foto Suntingan Jokowi Menyalami Cak Nun di RS

Di media sosial Twitter beredar foto suntingan Presiden Joko Widodo seolah tengah bersalaman dengan Cak Nun yang terbaring di rumah sakit.

Sebelumnya tokoh budayawan sekaligus sastrawan yang akrab disapa Cak Nun alias Emha Ainun Nadjib terbaring sakit dan dirawat di RSUP dr Sardjito, Yogyakarta. Sepekan sebelumnya, Presiden Jokowi juga sudah menjenguk sang budayawan. Tak hanya Jokowi, beberapa tokoh dan politikus, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga menjenguk Cak Nun.

Video dengan Narasi yang Mengklaim bahwa Gara-Gara Raja Salman, 28 Provinsi Dukung Anies

Di tahun politik, hoaks-hoak politik pun deras beredar di media sosial. Setiap minggunya ada saja hoaks-hoaks politik yang menghebohkan jagad media sosial. Salah satunya narasi yang mengklaim soal dukungan Raja Salman kepada bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

Belakangan sebuah video di YouTube menyebarkan Thumbnail dengan narasi gara-gara Raja Salman, 28 provinsi berbondong-bondong deklarasi Anies.

Baca juga:

Cek Fakta: Narasi Pertandingan Timnas Indonesia vs Portugal 28 Juli 2023?

Dugaan Kebocoran Data Penduduk, Menkominfo Budi Arie Janji Selesaikan

Sindrom Thanos Bikin Merasa Paling Jago


Video dengan Narasi yang Mengklaim Adanya Kerumunan Pria Merayakan Cinta di Konser Coldplay

Melalui media sosial Twitter, penyebar hoaks mengunggah sebuah video yang memperlihatkan kerumunan pria tengah merayakan rasa cinta mereka. Tak habis di situ, video ini juga dinarasikan diambil dari sisi penonton saat menonton Coldplay.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah dan video ini telah banyak beredar di internet. Video yang dimaksud bisa dicek di akun Instagram @TURNBACKHOAXID.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

  • Top Three Hoax of The Week
  • Cek Fakta
  • Jokowi
  • Cak Nun
  • Raja Salman
  • Anies Baswedan
  • Coldplay

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!