NASIONAL

Cek Fakta: PBB Dinarasikan Ganti Semua Bendera Anggota Jadi Bendera LGBT?

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Belakangan beredar sebuah foto yang menampilkan kumpulan bendera pelangi, yang melambangkan kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transeksual (LGBT). Foto ini diiringi narasi, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengganti bendera-bendera negara-negara anggotanya dengan bendera tersebut.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 22 - 28 Juni 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Beredar Klaim Warga Jombang Dukung Anies dan Yenny Wahid

Belakangan beredar narasi yang mengeklaim seluruh warga Jombang dan santri Pesantren Tebu Ireng mendoakan pasangan Anies Baswedan dan Yenny Wahid sebagai bakal presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga:

Cek Fakta: Putri Ariani Disebut-sebut Dukung Anies Baswedan

Cek Fakta: Foto dengan Narasi Vladimir Putin Tersungkur Akibat Serangan Jantung

Banyak Teman Enggak Tentu Bahagia, Loh!

Padahal cuplikan video yang diunggah bukanlah momen warga Jombang dan santri mendukung Anies dan Yenny. Melainkan momen setelah Yenny mengucapkan, “hari ini Jakarta jadi ijo royo-royo.” video yang dimaksud bisa dilihat di akun Instgram @TURNBACKHOAXID.

Sumbat Bawang Putih di Telinga Dinarasikan Bisa Sembuhkan Penyakit

Media sosial TikTok dihebohkan dengan narasi menyumpalkan bawang putih di telinga dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bawang putih sendiri dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir Hello Sehat dari Kementerian Kesehatan, berdasarkan penelitian bawang putih berkhasiat menurunkan kolesterol, mengendalikan tekanan darah, menyehatkan jantung, hingga menurunkan risiko kanker. Tapi, caranya bukan dengan disumbatkan di telinga ya!

PBB Dinarasikan Ganti Semua Bendera Anggota Jadi Bendera LGBT

Belakangan beredar sebuah foto yang menampilkan kumpulan bendera pelangi, yang melambangkan kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transeksual (LGBT). Foto ini diiringi narasi, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengganti bendera-bendera negara-negara anggotanya dengan bendera tersebut.

Postingan ini mengeklaim, PBB memajang bendera pelangi di depan Markas Besar PBB (The UN Headquarters). 

Terkait ini, Juru Bicara PBB, Farhan Haq, menyebut bahwa foto tersebut bukan di Markas Besar PBB.

Dilansir dari AFP, foto tersebut berada di Rockefeller Plaza, New York yang dipublikasi melalui Wikimedia pada 29 Juni 2019. Rockefeller Plaza biasanya memajang 193 bendera negara yang mirip seperti PBB, namun pihak Rockefeller Plaza beberapa kali telah menggantinya untuk momen tertentu seperti pada Pride Month ini.

Untuk mendengarkan lebih lanjut pembahasan Top Three Hoax of The Week, Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!