NASIONAL

Cek Fakta: Hoaks Impor Pasukan Tiongkok Demi Bela Rezim

Top Three Hoax of The Week 10 - 16 Agustus 2023

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Beredar sebuah video yang menampilkan tentara-tentara dengan klaim adanya pasukan impor yang didatangkan untuk membela rezim. Tentara ini dinarasikan sebagai pasukan impor dari Tiongkok

Konten yang sama juga pernah diklaim sebagai tentara Tiongkok yang masuk ke Indonesia pada tengah malam. Video yang dimaksud bisa dicek di Instagram @TURNBACKHOAXID.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 10 - 16 Agustus 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Beredar Video Bernarasi Kebakaran Gereja di Boston Saat Pernikahan Sesama Jenis

Beredar sebuah video di media sosial facebook yang menampilkan sebuah bangunan terbakar. Postingan tersebut juga menyertakan narasi bahwa bangunan tersebut adalah sebuah gereja di Boston yang sedang mengadakan pernikahan sesama jenis pada 3 Juni lalu.

Padahal kebakaran di gereja yang berdiri sejak 1753 tidak ada hubungannya dengan penyelenggaraan pernikahan sesama jenis. Melainkan si jago merah dipicu petir yang menyambar bangunan.

Mengutip dari apnews.com, Robert Parson selaku Kepala Pemadam Kebakaran Spencer mengatakan bahwa tidak ada pernikahan yang berlangsung di hari kejadian kebakaran, gereja dalam keadaan terkunci dan tidak ada yang bekerja di gereja pada saat itu.

Baca juga:

Cek Fakta: Menag Dinarasikan Berikan Label Halal pada Miras?

Cek Fakta: Video dengan Narasi Pemanasan Global Hanya Tipuan

Cek Fakta: Foto Bernarasi Bandung Diselimuti Salju

Hoaks Impor Pasukan Tiongkok Demi Bela Rezim

Beredar sebuah video yang menampilkan tentara-tentara dengan klaim adanya pasukan impor yang didatangkan untuk membela rezim. Tentara ini dinarasikan sebagai pasukan impor dari Tiongkok

Konten yang sama juga pernah diklaim sebagai tentara Tiongkok yang masuk ke Indonesia pada tengah malam. Video yang dimaksud bisa dicek di Instagram @TURNBACKHOAXID.

Video Bernarasi Pesawat Tempur Malaysia Ditangkap TNI

Masih konten video hoaks, di urutan pertama ada video dengan narasi pesawat tempur Malaysia ditangkap oleh TNI. Video ini merupakan hasil suntingan dari berbagai video.

Di awal video menampilkan pasukan TNI AU bersiap menerbangkan pesawat jet. Cuplikan selanjutnya identik dengan video kegiatan simulasi yang digelar TNI AU di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!