NASIONAL

Cek Fakta:Narasi soal Baju Adat Jokowi Bermakna Negatif

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Usai penyelenggaraan Hari Kemerdekaan dan HUT RI ke 78 kemarin, berbagai perbincangan terjadi di media sosial. Tidak terkecuali hoaks-hoaksnya. Salah satunya adalah narasi soal baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 24 - 30 Agustus 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Narasi Hoaks Nama Asli Jokowi Harbertus

Di media sosial Facebook beredar sebuah narasi hoaks mengenai nama dari Presiden Joko Widodo. Pemimpin bangsa Indonesia ini diklaim memiliki nama asli Harbertus.

Baca juga:

- Cek Fakta: Foto Karya Seni Kayu Dinarasikan sebagai Jantung Dewa Krishna

Cek Fakta: Hoaks Impor Pasukan Tiongkok Demi Bela Rezim

Cek Fakta: Menag Dinarasikan Berikan Label Halal pada Miras?

Selain itu, ada juga narasi tambahan yang menyatakan nama awal dari Joko Widodo adalah Harbertus, kemudian berubah menjadi Harbertus Mulyono, kemudian berubah menjadi Harbertus Joko Mulyono.

Prabowo Dinarasikan Jual Kekayaan Hutan Indonesia ke Tiongkok

Narasi soal Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diklaim menjual kekayaan hutan Indonesia ke Tiongkok, tersebar di media sosial Facebook.

Namun dikutip dari Jawapos.com, pada tahun 2017 ada empat investor dari Tiongkok yang sedang berkunjung Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Mereka sempat melirik PT Kertas Nusantara milik Prabowo Subianto untuk diambil alih. Akan tetapi rencana itu tidak pernah terealisasi hingga sekarang.

Narasi soal Baju Adat Jokowi Bermakna Negatif

Usai upacara memperingati Hari Kemerdekaan kemarin, muncul beragam isu terhadap baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi. Salah satu klaim yang membingkai isu negatif terkait baju adat Presiden Jokowi dibagikan melalui video yang menarasikan bahwa baju adat Presiden Jokowi tersebut merupakan baju adat yang mempresentasikan suatu tokoh tertentu.

Dalam judulnya ia mengklaim bahwa baju adat tersebut memiliki tutup kepala yang mirip dengan kasim Cina dan Amangkurat 1.

Video dimaksud bisa dicek di akun instagram @TURNBACKHOAXID

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!