NASIONAL

Cek Fakta: Menag Dinarasikan Berikan Label Halal pada Miras?

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Di media sosial TikTok beredar sebuah gambar minuman dengan logo halal dari Kementerian Agama. Postingan ini juga menambahkan narasi bahwa logo halal diberikan Kementerian Agama kepada minuman keras jenis wine.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Baca juga:

Cek Fakta:Video dengan Narasi Pemanasan Global Hanya Tipuan

Cek Fakta: Foto Bernarasi Bandung Diselimuti Salju

Cek Fakta: Video dengan Narasi bahwa Ribuan Umat di Jeddah Deklarasi Anies Baswedan

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 3-9 Agustus 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Foto Suntingan Anies Seolah dengan Wanita Hamil

Media sosial Facebook digegerkan dengan foto suntingan Anies Baswedan seolah bersama wanita yang sedang hamil. Unggahan foto ini disertai narasi Anies meraba perut seorang wanita cantik kader Nasdem yang sedang hamil. Padahal gambar yang beredar adalah foto suntingan dan hasil manipulasi.

Konten yang dimaksud bisa anda cek di Instagram @TURNBACKHOAXID

Menag Dinarasikan Berikan Label Halal pada Minuman Keras

Di media sosial TikTok beredar sebuah gambar minuman dengan logo halal dari Kementerian Agama. Postingan ini juga menambahkan narasi bahwa logo halal diberikan Kementerian Agama kepada minuman keras jenis wine.

Video Bernarasi Banyak Komunis Jadi Polisi

Sebuah akun Facebook mengunggah sebuah video empat orang anggota Polri berbicara menggunakan bahasa Mandarin. Dalam unggahannya disertai narasi, anak-anak Tiongkok komunis sudah banyak menjadi polisi. Di unggahan ini ditambahkan juga narasi bahwa mereka akan ganas dengan umat Islam.

Video yang dimaksud bisa anda cek di Instagram @TURNBACKHOAXID.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!