NASIONAL

Cek Fakta: Foto Bernarasi Bandung Diselimuti Salju

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Pada 18 Juli kemarin Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat suhu mencapai 17 derajat Celsius. Bahkan di wilayah Lembang suhunya mencapai 15,4 derajat. Di tengah suhu dingin yang melanda, muncul foto dan narasi yang menunjukkan beberapa daerah di Bandung diselimuti salju.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 20 - 26 Juli 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Beredar Poster dengan Klaim Pujian ICW ke Ganjar Atasi Pungli

Media sosial Facebook diwarnai dengan hoaks politik, dimana beredar poster dengan klaim organisasi Indonesia Corruption Watch (ICW) mengapresiasi dan memuji Ganjar Pranowo karena memberantas pungli dan korupsi di setiap sekolah di Jawa Tengah.

Baca juga:

Cek Fakta: Video dengan Narasi bahwa Ribuan Umat di Jeddah Deklarasi Anies Baswedan

Cek Fakta: Foto Suntingan Jokowi Menyalami Cak Nun di RS

Cek Fakta: Narasi Pertandingan Timnas Indonesia vs Portugal 28 Juli 2023?

Padahal nih, pihak ICW lewat media sosialnya membantah pernah mengeluarkan statement ataupun poster yang berisi apresiasi atau pujian pada Gubernur Jawa tengah, sekaligus bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Gambar terkait bisa ditengok pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

Beredar Video dengan Narasi yang Mengklaim bahwa Seluruh WaliKota Dukung Anies Baswedan

Sebuah video dengan narasi seluruh wali kota di Indonesia mendukung bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menjadi Presiden Indonesia tahun 2024 beredar di platform berbagi video, YouTube.

Video ini menampilkan ciplikan pidato Anies Baswedan yang mengarah kepada pembangunan negeri. Video yang dimaksud bisa ditengok di akun Instagram @TURNBACKHOAXID

Muncul Foto Suntingan dan Narasi Soal Bandung Diselimuti Salju

Pada 18 Juli kemarin Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat suhu mencapai 17 derajat Celsius. Bahkan di wilayah Lembang suhunya mencapai 15,4 derajat.

Di tengah suhu dingin yang melanda, muncul foto dan narasi yang menunjukkan beberapa daerah di Bandung diselimuti salju.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!