NASIONAL

Cek Fakta: Foto dengan Narasi Vladimir Putin Tersungkur Akibat Serangan Jantung

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Sebuah akun media sosial Twitter membagikan foto yang seolah memperlihatkan Presiden Rusia Vladimir Putin tersungkur di lantai. Foto ini juga dinarasikan, Putin terjatuh akibat serangan jantung di acara pertemuan penting.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 8-14 Juni 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Tersebar Narasi Pohon Dolar Sebabkan Penyakit Leukimia

Beredar pesan berantai di WhatsApp berupa gambar dan narasi yang mengklaim, bahwa jenis tanaman hias bernama pohon dolar menjadi penyebab penyakit leukimia. Dalam pesan berantai itu disebutkan, seseorang yang mengambil Master Botani di USM (Universiti Sains Malaysia) meninggal akibat tanaman yang memiliki nama latin Zamioculcas zamiifolia tersebut.

Foto Suntingan dengan Narasi soal Anies Menang Lomba Mewarnai

Akun media sosial Facebook memposting gambar suntingan dari bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan. Gambar yang tersebar adalah Anies dengan sebuah piala dan gambar.

Baca juga:

Cek Fakta: Baliho Anies Presiden Dinarasikan Hiasi Bus Konvoi Timnas

Cek Fakta: Dua Bocah Dinarasikan Tewas Akibat Bermain HP sambil Di-charge

Ada Manfaat, Menangis Jangan Ditahan!

Gambar ini juga disertai narasi, Anies Baswedan mewarnai atap rumah warga dan menjadi juara pertama. Gambar yang dimaksud bisa di lihat di akun media sosial Instagram @TURNBACKHOAXID

Foto dengan Narasi soal Vladimir Putin Tersungkur Akibat Serangan Jantung

Sebuah akun media sosial Twitter membagikan foto yang memperlihatkan Presiden Rusia Vladimir Putin tersungkur di lantai. Foto ini juga dinarasikan, Putin terjatuh akibat serangan jantung di acara pertemuan penting.

Ternyata, foto yang diunggah pada 12 Mei 2023 ini hasil dari rekayasa Artificial Intelligence (AI). Foto ini juga marak beredar di aplikasi penelusuran Google Reverse Image Search.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!