NASIONAL

BPS: Harga Bawang Putih Naik 5,85 Persen

"Terjadi kenaikan harga bawang putih sebesar 5,85 persen jika dibandingkan dengan harga di bulan Desember 2023,"

AUTHOR / Shafira Aurel

Bawang putih naik
Ilustrasi: Tumpukan bawang putih di Pasar Senen, Jakpus, Sabtu (23/12/23). (Antara/ Muhammad Heriyanto)

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut harga komoditas bawang putih terus mengalami kenaikkan harga. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartini mengatakan pada minggu keempat Januari ini, komoditas bawang putih mengalami kenaikan sebesar 5,85 persen. 

Kata dia, kenaikkan yang tertinggi terjadi di Sulawesi, Kalimantan, dan sebagian wilayah Sumatera.

"Perkembangan harga bawang putih secara kumulatif dari minggu ke minggu selama Januari 2024 ini yang dibandingkan dengan data harga Desember 2023. Jadi di sini terlihat bahwa sampai dengan minggu ke-4 Januari 2024 terjadi kenaikan harga bawang putih sebesar 5,85 persen jika dibandingkan dengan harga di bulan Desember 2023," ujar Pudji, dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah 2024, Senin (29/1/2024).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartini menambahkan rata-rata harga bawang putih di 337 kabupaten/kota mencapai Rp39.725. 

Baca juga:

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartin  meminta pemerintah untuk lebih waspada terkait harga bawang putih. Hal ini dikarenakan kenaikan harga bawang putih diprediksi akan semakin meluas.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!