NASIONAL

BPS: Beras Jadi Penyumbang Terbesar Inflasi 2023

"Kontribusinya paling besar adalah beras sebesar 0,53 (persen),"

AUTHOR / Hoirunnisa

beras
Ilustrasi aktivitas bongkar muat beras impor di pelabuhan (FOTO: BUMN)

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada 2023 sebesar 2,61 persen. Pelaksana Tugas Kepala (Plt) BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, beras secara tahunan atau year to year menjadi penyumbang andil terbesar terhadap inflasi.

"Ambil inflasi 2023 memang kontribusinya paling besar adalah beras sebesar 0,53 (persen), cabe merah, lalu cabe rawit, kemudian diikuti bawang putih dan daging ayam ras. Kalau kita lihat dari 90 kota inflasi, maka jumlah kabupaten/kota yang mengalami inflasi beras, seluruhnya," ujar Amalia Adininggar dalam rakor pengendalian inflasi daerah, dikutip dari kanal Youtube Kemendagri, Senin (8/1/2023).

Baca juga:

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti menambahkan, inflasi beras terjadi di 90 daerah. Amalia memerinci, penurunan produksi beras itu terjadi hampir di semua wilayah sentra produksi beras. Diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. 

Menurut Amalia, Pulau Jawa memberikan kontribusi 55,95 persen dari total produksi beras nasional, tertinggi di Jawa Timur.

Lebih jauh Amalia mengatakan, penurunan produksi beras akibat terdampak cuaca ekstrem.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!