NASIONAL

Awal Tahun, Harga Bawang Merah Terus Naik

Harga bawang merah secara nasional naik 14,77 persen.

AUTHOR / Hoirunnisa

Awal Tahun, Harga Bawang Merah Terus Naik
Pekerja mengupas kulit bawang merah yang dijual di Pasar Senen, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Cahya Sari

KBR, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut harga bawang merah terus meningkat hingga minggu pertama Januari 2024. Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan harga bawang merah secara nasional naik 14,77 persen.

"Bahwa bawang merah ini memang sejak akhir bulan (desember) sudah mulai ada tanda-tanda meningkat dan bahkan terus meningkat sampai awal bulan Januari 2024. Salah satu faktor karena perubahan cuaca ekstrem sehingga suplainya menjadi menurun atau produksi bawang merahnya memang menurun," ujar Amalia dalam rakor pengendalian inflasi daerah, Senin (8/1/2023).

Amalia menyebut kenaikan tertinggi terjadi di Pulau Sulawesi yang mencapai Rp40.869 per kg.

"Dan kalau kita melihat jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga bawang merah ada 340 kabupaten/kota dan yang tertinggi ada di Wakatobi 83,73 persen," ungkapnya.

Baca juga:

Harga bawang putih juga mulai mengalami tanda-tanda peningkatan, meski tidak setinggi bawang merah. Secara nasional harga bawang putih naik 4,66 persen.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!