NASIONAL

BPS: Beras Sumbang Inflasi Terbesar Setahun

"Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi selama setahun terakhir adalah beras, bawang putih, daging ayam ras, dan telur ayam ras,"

AUTHOR / Resky Novianto

Inflasi daerah
Inflasi, gerakan pasar murah, Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (31/08/23).(Antara/Oky Lukmansyah)

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik menyebut empat komoditas pangan menjadi penyumbang kenaikan inflasi yang konstan selama setahun terakhir di sejumlah kabupaten kota. Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, mengatakan ketiga komoditas tersebut salah satunya yakni, beras.  

"Komponen harga bergejolak kembali mengalami inflasi secara tahunan. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi selama setahun terakhir adalah beras, bawang putih, daging ayam ras, dan telur ayam ras," kata Amalia dalam  rapat koordinasi pengendalian inflasi,  Senin (4/9/2023) pagi.

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti menambahkan, tekanan inflasi komponen inti secara tahunan mengalami penurunan komoditas yang dominan memberikan andil inflasi di antaranya adalah tarif kontrak rumah, emas perhiasan, sewa rumah, upah pekerja rumah tangga, dan biaya kuliah.

Baca juga:


BPS, kata Amalia, juga mencatat inflasi tahunan komponen harga yang diatur pemerintah namun menunjukkan tren penurunan sejak Januari 2023 yakni komoditas dominan yang memberikan andil inflasi adalah bensin, rokok, dan tarif angkutan kota.



 Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!