NASIONAL

Bapanas Sebut Stok Beras Aman, Ini Syaratnya

"Dengan catatan bahwa perkiraan produksi dalam negeri dapat tercapai dan yang kedua realisasi impor itu juga dapat tercapai."

AUTHOR / Hoirunnisa

Stok beras
Pengendali harga, operasi pasar murah di halaman kantor Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, Senin (11/09/23). (Antara/Syifa Yulinnas)

KBR, Jakarta- Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengklaim kondisi stok beras di pangan nasional diproyeksikan aman hingga akhir 2023.

Menurut Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy, Prognosa Neraca Pangan Nasional periode Januari-Desember 2023 diproyeksi aman, dengan catatan perkiraan produksi dalam negeri sebesar 31 juta ton beras dapat tercapai.

"Dengan catatan bahwa perkiraan produksi dalam negeri dapat tercapai dan yang kedua realisasi impor itu juga dapat tercapai. Tadi berdasarkan data BPS diprediksi produksi akan menurun. Ini yang tentunya harus kita antisipasi. Kalau kita lihat di tabel perkiraan produksi dalam negeri itu  31,5 juta ton, ini kalau tercapai," jelas Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi tahun 2023, Senin (11/9/2023).'

Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy menyebut jika perkiraan produksi dalam negeri tidak tercapai maka stok akhir Desember 2023 akan berkurang dibawah 7,6 juta ton.

Baca juga:

Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy mengungkapkan untuk data realisasi impor Agustus sudah datang dengan sisa hingga Desember sekitar 500 ribu ton yang masih dalam perjalanan. Kata dia, target impor Agustus-Desember 2023 sebesar 1,6 juta ton.

Sarwo menyebut menurut prognosa ketahanan beras di proyeksikan cukup hingga 93 hari hingga panen berikutnya. Dengan catatan jika produksi dalam negeri tercapai.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!