NASIONAL

Bansos Beras Diperpanjang Hingga Juni 2024

Zulkifli mengatakan, perpanjangan masa penyaluran Bansos pangan dilakukan sebab hingga kini harga beras masih tinggi, bahkan ikut menyumbang angka inflasi.

AUTHOR / Astri Yuanasari

Bansos Beras
Saat simbolis penyerahan Bansos Beras di Kota Palu beberapa waktu lalu. (Foto: ANTARA/Anas Masa)

KBR, Jakarta - Pemerintah memutuskan memperpanjang penyaluran bantuan sosial (Bansos) beras 10 kilogram hingga akhir semester pertama atau Juni tahun depan. Semula, program ini berakhir November 20203.

"Mengevaluasi soal bantuan sosial beras yang 10 kilo. Jadi tadi sudah diputuskan harusnya bantuan sosial beras itu sampai September Oktober November, diperpanjang Desember kemudian Januari Februari, lanjut nanti sampai Kuartal kedua tahun 2024, maret April Mei Juni," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai rapat terbatas dengan presiden Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (6/11/2023).

Zulkifli mengatakan, perpanjangan masa penyaluran Bansos pangan dilakukan sebab hingga kini harga beras masih tinggi, bahkan ikut menyumbang angka inflasi.

"Jadi akan terus diperpanjang mengingat harga beras yang masih terus memang tidak naik lagi, tapi belum turun. Oleh karena itu bantuan dilanjutkan," kata dia.

Bansos beras 10 kilogram akan diberikan kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca juga:

- Bapanas Perkirakan Produksi Beras Rendah hingga Awal 2024

- Mendagri: RI Harusnya Bisa Swasembada Tanpa Impor Beras

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri sekaligus Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat, Tito Karnavian (6/11/2023) menyebut, inflasi Oktober sebesar 0,17 persen. Tiga komoditas penyumbang inflasi yaitu beras, cabai rawit, dan cabai merah.

Editor: Fadli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!