NASIONAL

Bagikan Bonus Olimpiade Paris, Jokowi: Manfaatkan untuk Prestasi

"250 juta rupiah untuk atlet yang tidak mendapatkan medali sebagai sebuah apresiasi dari pemerintah,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

EDITOR / Rony Sitanggang

Bonus atlet Olimpiade 2024
Presiden Jokowi bagikan bonus atlet Olimpiade Paris di Istana, Kamis (15/08/24). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Indonesia Joko Widodo menerima kedatangan atlet Olimpiade Paris di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga sekaligus membagikan bonus berupa uang. 

Jokowi meminta agar bonus tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memotivasi, meningkatkan prestasi, dan kembali mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di dunia.

"6 miliar untuk peraih medali emas, 1,65 miliar untuk peraih medali perunggu, serta 2,750 miliar untuk pelatih yang atletnya mendapatkan medali emas, dan untuk pelatih yang atletnya mendapatkan medali perunggu akan mendapatkan 675 juta rupiah, serta, 250 juta rupiah untuk atlet yang tidak mendapatkan medali sebagai sebuah apresiasi dari pemerintah," kata Jokowi di Halaman Istana Merdeka, Kamis (15/08/24).

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas nama bangsa dan rakyat Indonesia kepada para atlet yang telah berjuang keras di Olimpiade Paris tahun 2024 dan memberikan kebanggaan yang luar biasa bagi bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Ia membahas keberhasilan Veddriq Leonardo meraih medali emas di cabang panjat tebing nomor speed putra, Rizky Juniansyah meraih medali emas di cabang angkat besi nomor 73 kilogram putra, serta Gregoria Mariska Tunjung meraih medali perunggu di cabang olahraga bulu tangkis tunggal putri. 

Kata dia, keberhasilan tersebut juga membangkitkan optimisme dan membangkitkan harapan para atlet Indonesia lainnya untuk berlomba-lomba mencetak prestasi yang lebih baik di ajang internasional lainnya.

"Saya melihat keberhasilan ini bukan instan. Ada proses panjang yang dilakukan dari seluruh pihak, baik berkaitan dengan identifikasi bakat dini, berkaitan dengan pelatihan jangka panjang dan berkelanjutan, kerja keras pelatih, tim pendukung, dan semua cabor yang telah berkontribusi dalam pencapaian prestasi yang membanggakan ini," tambahnya.

Baca juga:

Sebelumnya, kontingen Indonesia menduduki peringkat ke-39 klasemen akhir Olimpiade Paris 2024, dengan raihan 2 medali emas dan 1 medali perunggu.

Medali emas Tim Indonesia disumbangkan oleh atlet panjat tebing Veddriq Leonardo yang berlaga di nomor men’s speed dan atlet angkat besi Rizki Juniansyah yang berlaga di kelas 73 kg putra. Sedangkan medali perunggu dipersembahkan oleh pebulutangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!