NASIONAL

Australia Juara Piala AFF U-16

Timnas Garuda Muda juara ketiga PIala AFF

AUTHOR / Yudha Satriawan

EDITOR / Rony Sitanggang

Final piala AFF U-16
Australia juara Piala AFF U-16, Stadion Manahan, Solo, Jateng, Rabu (04/07/24). (KBR/Yudha)

KBR, Solo-  Tim Nasional Australia menjadi jawara AFF U16 setelah penantian 8 tahun. Australia menang lawan Thailand dengan skor 9-8 . Adu penalti menjadi ajang pertaruhan meraih juara AFF U16.

Di Babak pertama, Thailand unggul setelah Poramet mampu menjebol gawang Australia yang dijaga kiper Jai Ajanovic di menit 34. Lewat serangan balasan, Australia mellesakkan gol lewat Mc Nicol di menit 47 Hingga babak pertama berakhir skor imbang 1-1.

Di babak kedua, Australia dan Thailand lebih agresif menyerang. Di menit 75 Australia lewat sundulan Anthony Stype berhasil membobol gawang Thailand. Namun hasil VAR, gol dianulir wasit Koji Takasaki karena terbukti off side.

Hingga bunyi peluit panjang wasit Koji, skor tetap 1-1. Laga kemudian menjadi ajang adu penalti. Suasana ketegangan terjadi saat satu per satu pemain dari kedua tim melesakkan bola ke gawang. Ada yang lolos, ada yang bisa diblokir penjaga gawang. Skor berakhir 9-8 untuk kemenangan Australia.

Australia pernah meraih gelar jawara AFF U16 dua kali yaitu tahun 2008 dan 2016.

Baca juga:

red

Sementara itu TImnas Indonesia meraih juara 3 Piala AFF U16. Timnas Garuda Muda melibas Vietnam dengan skor 5-0.  

Di babak pertama, Indonesia dan Vietnam saling serang. Di menit tambahan penghujung babak pertama berakhir, 2 gol berhasil dilesakkan timnas Indonesia ke gawang Vietnam yang dijaga Hua Xuan tin di menit 45 oleh Gholy dan menit 47 Dafa Zaidan.

Di babak kedua, Indonesia kembali menyumbang gol di menit 75 oleh Daniel Alfrido. Skor bertambah 3-0. Tak lama kemudian, gholy kembali menyumbang gol kedua di menit 78. Skor semakin menjauh jadi 4-0. Hujan gol kembali terjadi di menit 82, Daniel Alfrido kembali menyumbang gol kedua. Skor 5-0.

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!