NASIONAL

Alkes Canggih untuk Provinsi, Jokowi Minta Tersedia Pertengahan Tahun

"Peralatan-peralatan yang masih belum ada di beberapa provinsi baik urusan jantung, kanker, stroke, semuanya akan dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang paling canggih,"

AUTHOR / Heru Haetami

Alkes canggih untuk rumah sakit di daerah
Alkes canggih, Presiden Jokowi usai tinjau RSUP Soeradji Tirtonegoro, Klaten, Kamis (31/01/24). (Setpres)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo mengakui alat kesehatan sejumlah rumah sakit di beberapa provinsi belum lengkap. Itu sebab, Jokowi meminta pertengahan 2024 alat kesehatan untuk penyakit berat seperti jantung dan stroke dilengkapi dengan teknologi canggih.

Itu disampaikan Jokowi usai meninjau RSUP Soeradji Tirtonegoro, Klaten, Rabu (31/01/2024).

"Nanti tahun ini, pertengahan tahun ini, peralatan-peralatan yang masih belum ada di beberapa provinsi baik urusan jantung, kanker, stroke, semuanya akan dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang paling canggih," kata Jokowi, Rabu (31/1/2024).

Jokowi juga meminta rumah sakit agar mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS Kesehatan.

"Yang paling penting, yang diutamakan tetap pelayanan. KIS, BPJS pelayanan, kecepatan melayani," katanya.

Baca juga:

Presiden Joko Widodo menilai pelayanan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Kabupaten Klaten, Jateng sudah berjalan baik. 

 “Saya ingin melihat pelayanan rumah sakit terhadap pasien utamanya peserta KIS BPJS, saya lihat di sini semuanya baik,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai peninjauan.

Meski ada  antrean, namun Jokowi melihat masih dalam  dalam kondisi wajar.

“Saya kira masih pada kondisi baik, kebersihan juga baik,” ungkap Presiden.

Turut mendampingi Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, Bupati Klaten Sri Mulyani. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!