NASIONAL

AHY Klaim Kantongi Puluhan Target Mafia Tanah

Kami punya puluhan target operasi, ya saya tidak mungkin bongkar satu per satu.

AUTHOR / Hoirunnisa

Berantas mafia tanah
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono saat pengungkapan tindak pidana pertanahan di Polda Sulawesi Tenggara, Jumat (26/4/2024). ANTARA FOTO/Andry Denisah

KBR, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengeklaim mengantongi puluhan target operasi mafia tanah. Namun dia enggan merinci daftar nama target operasi tersebut.

"Tunggu saja, kami terus memproses, kami punya puluhan target operasi, ya saya tidak mungkin bongkar satu per satu, karena itu perlu pendadakan juga, perlu surprise juga. Tetapi saya meyakinkan bahwa komitmen kami serius sekali untuk bisa gebuk mafia tanah ini. Karena ini yang diharapkan dari masyarakat," ujar AHY kepada wartawan di Kompleks GBK Jakarta, Jumat (3/5/2024).

AHY mengatakan, penindakan mafia tanah merupakan hal yang ditunggu oleh masyarakat. Sebab kata dia, mafia tanah kerap merugikan dan merusak keadilan.

"Masyarakat itu ya yang saya temui sering kali tak berdaya. Jangankan masyarakat kecil yang penghasilannya rendah, masyarakat yang kami anggap punya penghasilan tinggi, status sosial dan ekonominya juga di atas, tapi seringkali tidak berdaya menjadi korban mafia tanah, Ini merusak keadilan apalagi rakyat kecil," kata AHY.

AHY menegaskan komitmen memberantas mafia tanah baik di eksternal maupun internal kementeriannya.

Dia mengatakan, jika internal tidak bersih dari mafia tanah, akan sulit menumpas mafia yang berada di luar.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!