NASIONAL

Langkah Menteri AHY Kejar Target Reforma Agraria: Bakal Temui 6 Menteri dan Pejabat Menteri

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berencana bertemu sejumlah menteri dan pejabat setingkat menteri.

AUTHOR / Heru Haetami

Langkah Menteri AHY Kejar Target Reforma Agraria: Bakal Temui 6 Menteri dan Pejabat Menteri
Ketua Umum Partai Demokrat dan Menteri ATR BPN Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

KBR, Jakarta - Usai dilantik Presiden Joko Widodo, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berencana bertemu sejumlah menteri dan pejabat setingkat menteri.

Rencana pertemuan itu untuk mempercepat penyelesaian masalah-masalah agraria, terutama tiga tugas utama yang diperintahkan Presiden Joko Widodo dan PR yang ditinggalkan menteri sebelumnya, Hadi Tjahjanto.

Menurut AHY, menteri yang akan ditemui di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Ia mengatakan banyak persoalan agraria bersinggungan dengan kementerian lain. Itu sebab, ia akan berkoordinasi komunikasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

"Pertama Menko Perekonomian Pak Airlangga Hartarto karena ATR ini kan berada di bawah koordinasi Menko Perekonomian. Saya tentu sudah minta waktunya sedang dicari untuk bertemu dengan Pak Airlangga Hartarto. Kemudian juga dengan sesama kolega yang ada di wilayah perekonomian ini. Kemarin saya sudah sampaikan ke Pak Bahlil, menteri investasi untuk juga bisa berkomunikasi ya. PUPR tentunya yang juga sangat dekat urusannya dengan ATR," kata AHY usai menggelar Rapat Pimpinan Perdana di Kementerian ATR/BPN, Kamis (22/2/2024).

Baca juga:


Selain itu, AHY juga berencana menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Agus Subiyanto.

AHY mengatakan tidak semua persoalan pertanahan bisa diselesaikan hanya oleh Kementerian ATR/BPN.

Pasca-dilantik Jokowi, AHY menggelar rapat dengan jajaran di Kementerian ATR/BPN.

Kendati demikian, dia belum bisa menyampaikan fokus kerjanya untuk delapan bulan ke depan. Kata dia, saat ini dirinya masih memetakan program kerja yang belum berjalan di era Hadi Tjahjanto.

"Maka saya ingin buka satu persatu mana saja yang perlu kita lakukan percepatan karena harapannya tentu semua target itu bisa dicapai 8 bulan terakhir ini. Jadi saya baru hanya bisa menjelaskan di kesempatan ini bahwa kami semangatnya adalah melakukan percepatan dan penuntasan segala isu dan permasalahan termasuk sengketa-sengketa tanah, baik itu individu, korporasi, termasuk juga komunitas," ujar AHY.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dilantik sebagai Menteri ATR/BPN oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (21/2/2024). Ia mengisi kursi yang ditinggalkan Hadi Tjahjanto. Di hari yang sama, Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan. Kursi Menko Polhukam sebelumnya kosong ditinggal Mahfud MD yang mundur karena ikut pemilu presiden 2024.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!