NASIONAL

Agus Subiyanto Jadi KSAD Gantikan Dudung Abdurachman, Naik Pangkat Jadi Jenderal

Dengan pelantikan ini, Agus yang sebelumnya menjabat Wakil KSAD memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat yaitu menjadi jenderal.

AUTHOR / Heru Haetami

Pelantikan KSAD
Pelantikan Agus Subiyanto sebagai KSAD di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Foto: Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik Letnan Letjen Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, hari ini.

Agus dilantik menggantikan Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan diawali sumpah jabatan yang dipimpin Jokowi dan diikuti Agus Subiyanto

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden mendiktekan sumpah jabatan kepada Agus, Rabu (25/10/2023).

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Dengan pelantikan ini, Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil KSAD memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat yaitu menjadi jenderal.

Hadir dalam acara pelantikan sejumlah pejabat antara lain, Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga:


Calon Panglima TNI

Dengan menjabat KSAD dan berpangkat jenderal TNI, Agus Subiyanto berpeluang menjadi panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Yudo akan pensiun pada 1 Desember 2023.

Calon kuat panglima TNI lainnya adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Muhammad Ali, serta Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Namun, peluang Agus dan Muhammad Ali lebih besar karena Fadjar Prasetyo akan pensiun pada April 2024. Sedangkan Muhammad Ali pensiun pada April 2025 dan Agus Subiyanto pensiun pada Agustus 2025.

Agus Subiyanto disebut-sebut memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo. Agus pernah menjabat Dandim 0735/Surakarta saat Jokowi menjabat Wali Kota Solo. Agus juga pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada 2020-2021.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!