NASIONAL

3,5 Juta Warga Jateng Terima Bantuan Beras 10 Kg Hingga Juni 2024

Bantuan pangan beras 10 kilogram dibagikan setiap bulan.

AUTHOR / Anindya Putri, Astri Yuanasari

3,5 Juta Warga Jateng Terima Bantuan Beras 10 Kg Hingga Juni 2024
Penyaluran bantuan cadangan pangan beras di Kelurahan Gemah, Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024). ANTARA FOTO/Makna Zaezar

KBR, Semarang - Sebanyak 3,5 juta warga Jawa Tengah bakal mendapatkan bantuan pangan beras 10 kilogram setiap bulannya. Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, bantuan akan diberikan hingga Juni 2024.

"Di Semarang barusan memberikan bantuan berupa pangan yaitu pemberian beras sebesar 35.583 ton. Ini diberikan untuk 3.583.000 penerima manfaat dan setiap orang menerima 10 kg beras," ungkap Nana di Semarang, Senin (15/1/2024).

Nana mengatakan, warga penerima bantuan mengacu pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kemenko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Bantuan tersebut sudah didata dan merupakan upaya pemerintah memberantas kemiskinan ekstrem," jelasnya.

Nana menambahkan, Pemprov Jateng telah bekerja sama dengan Bulog untuk menyediakan kebutuhan beras 35 ribu ton per bulan bagi warga miskin.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Bulog," imbuhnya.

Baca juga:

Sebelumnya, pemerintah memutuskan memperpanjang penyaluran bantuan sosial (bansos) beras 10 kg hingga akhir semester pertama atau Juni 2024. Semula, program ini berakhir November 20203.

"Mengevaluasi soal bantuan sosial beras yang 10 kilo. Jadi tadi sudah diputuskan harusnya bantuan sosial beras itu sampai September Oktober November, diperpanjang Desember kemudian Januari Februari, lanjut nanti sampai kuartal kedua tahun 2024, maret April Mei Juni," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (6/11/2023).

Zulkifli mengatakan, perpanjangan masa penyaluran bansos pangan dilakukan karena harga beras masih tinggi, bahkan ikut menyumbang angka inflasi.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!