NUSANTARA

KM Noah 1 Terbakar di Laut Jawa, 16 ABK Dievakuasi

Lokasinya di sekitar 8 nautical mile (hampir 15 kilometer) sebelah utara Pelabuhan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

AUTHOR / Musyafa

EDITOR / Sindu

KM Noah 1 Terbakar di Laut Jawa, 16 ABK Dievakuasi
Proses evakuasi anak buah Kapal Motor Noah Satu, Senin malam, 24 Juni 2024. Foto: Dokumen awak kapal penolong

KBR, Rembang– Kapal Motor (KM) Noah Satu terbakar di Laut Jawa, Senin malam, 24 Juni 2024. Lokasinya di sekitar 8 nautical mile (hampir 15 kilometer) sebelah utara Pelabuhan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Koordinator Unit Siaga SAR Rembang, Nur Zain membenarkan kejadian tersebut.

Berdasarkan data yang diterima, Kapal Noah Satu bermuatan jagung curah berangkat dari Pelabuhan Calabai, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan tujuan Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Ruangan yang terbakar adalah bagian kamar mesin. Kondisi api sempat membesar, kemudian para ABK berupaya melakukan pemadaman.

“Kali pertama kami menerima informasi tersebut pukul 14.25 WIB. Awalnya di utara Jenu Tuban, kemudian bergerak ke arah barat, sampai utara Sluke Rembang. Kapal Noah Satu berbobot GT. 2542, milik PT Pelayaran Aman Samodra Indonesia,” terangnya, Senin malam.

Nur Zain menambahkan, ada 16 orang anak buah kapal (ABK). Semua selamat, satu orang mengalami luka bakar ringan.

Kata dia, sudah ada sejumlah kapal yang bergerak menuju lokasi kejadian untuk membantu evakuasi para ABK. Mereka selanjutnya dibawa ke dermaga Tuban, Jawa Timur.

“Tim penolong informasinya Senin malam ini sudah tiba di lokasi pukul 19.52 Wib. Kru kapal sudah dievakuasi dan api berhasil dipadamkan,” pungkas Nur Zain.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!