NASIONAL

Harga Bawang Merah Naik di 360 Kabupaten/Kota

"Perkembangan harga sampai dengan tanggal 12 Januari atau minggu kedua Januari itu naik sebesar 16,04 persen persen"

AUTHOR / Astri Septiani

Harga bawang merah melambung
Sortir bawang merah yang baru dipanen di Gubugsari, Pegandon, Kendal, Jateng, Rabu (10/01/24). (Antara/Anis Efizudin)

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga pada komoditas bawang merah terus berlanjut. Direktur Statistik Harga BPS, Windhiarso Putranto menyebut pada minggu ke dua Januari ini, komoditas bawang merah mengalami kenaikan sebesar 16,04 persen.

"Secara nasional kami mencatat perkembangan harga sampai dengan tanggal 12 Januari atau minggu kedua Januari itu naik sebesar 16,04 persen persen dibandingkan rata-rata harga di bulan Desember. Secara nasional rata-ratanya di kisaran 38.635 rupiah per kilo gram," kata Windhiarso saat rakor pengendalian inflasi, Senin (15/1/24).

Ia menyebut kenaikan yang tertinggi terjadi di Sulawesi, Bali,  Nusa Tenggara, serta Kalimantan. 

Baca juga:

Direktur Statistik Harga BPS, Windhiarso Putranto juga menyampaikan komoditas bawang merah juga cukup mengalami kenaikan di beberapa kabupaten kota. Di minggu ke dua ini kata dia, jumlah kabupaten kota yang mengalami kenaikan pada komoditas bawang merah mencapai 360 kabupaten/kota, dari yang semula hanya 340 kabupaten/kota.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!