NUSANTARA

Banjir Landa 5 Kabupaten di Aceh

”Diperhitungkan dalam minggu ini curah hujan di seluruh Aceh tinggi."

AUTHOR / Erwin Jalaludin

Banjir di Aceh
Banjir di kantor Keuchik Gampong Ladang Tuha, Pasie Raja, Aceh Selatan, Kamis (21/9/23). (Ist)

KBR, Aceh–  Sebanyak lima  kabupaten di wilayah Provinsi Aceh, dikepung bencana alam banjir, Kamis (21/9). Banjir terjadi diakibatkan tingginya intensitas curah hujan yang menyebabkan sungai meluap ke permukiman masyarakat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan,  sudah mengintruksikan Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) masing-masing kabupaten untuk menanggulangi dampak bencana alam banjir tersebut. Terutama, melakukan upaya evakuasi terhadap korban banjir yang diperkirakan masih terjebak di lokasi banjir.

”Diperhitungkan dalam minggu ini curah hujan di seluruh Aceh tinggi. Imbauan kepada masyarakat karena ini curah hujan tinggi ini musim penghujan, masyarakat waspada terhadap bencana, bencana ini bisa datang kapan saja,” jelas Ilyas kepada KBR.

Ia melanjutkan, jalur transportasi di sejumlah titik lokasi bencana itu mengalami putus total lantaran ambruknya beberapa jembatan penghubung antardesa dan kecamatan. 

Sebut Kalak BPBA, Ilyas,  BPBD terpaksa mengoperasionalkan beberapa perahu karet di lokasi banjir.


Baca juga:

Kelima kabupaten yang dikepung banjir itu adalah Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Bireun, Aceh Singkil, dan Simeulue.  BPBD sedang melakukan pendataan terhadap jumlah warga yang mengungsi akibat bencana tersebut.

Belum ada laporan rumah yang rusak maupun korban jiwa dalam peristiwa banjir.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!