NUSANTARA

5 TPA di Jateng Terbakar Selama Kemarau 2023

"Yang pertama itu terjadi di Tegal TPA Penujah pada Juni kemarin, yang terakhir kemarin di TPA Jatibarang Kota Semarang tapi sekarang sudah terkendali,"

AUTHOR / Anindya Putri

Kebakaran TPA sampah
Petugas memadamkan kebakaran sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, Semarang, Jateng, Senin (18/09/23). (Antara /Makna Zaezar)

KBR, Semarang-  Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Jawa Tengah mencatat telah terjadi lima kali peristiwa kebakaran   di Pembuangan Akhir (TPA) selama kemarau 2023.

Kepala Bidang Kedaruratan Bencana BPBD Jateng, Muhammad Chomsul menyebut kebakaran terjadi sejak Juni hingga September 2023.

"Selama musim kemarau di Jawa Tengah sudah tercatat lima kali kejadian TPA terbakar, yang pertama itu terjadi di Tegal TPA Penujah pada Juni kemarin, yang terakhir kemarin di TPA Jatibarang Kota Semarang tapi sekarang sudah terkendali," ungkap Chomsul kepada KBR, Rabu (20/09/23).

Chomsul menjelaskan, kebakaran TPA di Jawa Tengah tersebar di beberapa daerah yakni TPA Pesalakan Kabupaten Pemalang pada 1 September , TPA Penujah Kabupaten Tegal 2 September, TPA Maruraja Kota Tegal 2 September, TPA Putri Cempo Kota Solo 16 September dan TPA Jatibarang , Semarang 18 September 2023 kemarin.

"Kebakaran TPA dari Pemalang, Tegal, Solo dan Semarang," jelasnya.

Baca juga:

 

Kepala Bidang Kedaruratan Bencana BPBD Jateng, Muhammad Chomsul meminta kepada  BPBD dan DLHK Kabupaten/kota untuk melakukan pembasahan dan pemantauan di TPA agar tak terjadi kebakaran lagi.

"Kami juga sudah minta agar TPA selalu dipandang," imbuhnya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!