NASIONAL

Wapres Minta Percepatan Pemberian Sertifikat Juleha

Menurut Wapres, kepastian terkait kehalalan produk, akan berpengaruh pada kepercayaan konsumen terhadap pedagang.

AUTHOR / Heru Haetami

EDITOR / Sindu

Wapres Minta Percepatan Pemberian Sertifikat Juleha
Ilustrasi: Komunitas juru sembelih halal (Juleha) saat edukasi tata cara penyembelihan kurban dan aspek kesehatan hewan, Minggu, (26/5). Foto: KBR/Muji Lestari

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pemberian sertifikat halal bagi juru sembelih segera didistribusikan ke rumah potong. Alasannya menurut Wapres, kesadaran masyarakat terhadap sertifikasi halal pada bahan makanan terus meningkat, khususnya dalam proses penyembelihan hewan.

“Saya menyerahkan (sertifikat) Juleha, Juru Sembelih Halal, namanya Juleha bersertifikat. Sejumlah seratus penerima, dan akan diteruskan lagi, supaya nanti tidak ada masalah dengan penyediaan daging,” ungkap Wapres usai meresmikan Pasar Toboali di Pasar Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung, Selasa, (10/09/2024).

Wapres mengeklaim, sertifikasi halal untuk memberikan rasa aman kepada konsumen serta memastikan produk yang dikonsumsi memenuhi syariat agama.

“Jadi, di mana-mana teman-teman lihat, ini ada Juleha yang bersertifikat yang memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa daging-daging yang dijual di pasar-pasar itu halal,” lanjutnya.

Menurut Wapres, kepastian terkait kehalalan produk, akan berpengaruh pada kepercayaan konsumen terhadap pedagang.

“Saya kira itu penting. Itu menentramkan. Kalau tidak nanti (dikhawatirkan daging) ini halal atau tidak,” pungkas Wapres.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!