NASIONAL

Wapres: Literasi Al-Qur'an RI Masuk Kategori Tinggi

Saya minta literasi Al-Qur'an umat Islam Indonesia terus ditingkatkan di tengah perkembangan teknologi

AUTHOR / Hoirunnisa

Wapres: Literasi Al-Qur'an RI Masuk Kategori Tinggi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (dua dari kanan) usai meninjau Posyandu Dahlia I di Kecamatan Jambi Selatan, Selasa (31/10/2024). (Dok Setwapres)

KBR, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Indeks Literasi Al-Qur'an di Indonesia mencapai angka 66 atau kategori tinggi. Capaian itu berdasarkan data dari Kementerian Agama tahun 2023.

"Saya minta literasi Al-Qur'an umat Islam Indonesia terus ditingkatkan di tengah perkembangan teknologi dan arus informasi digital," kata Wapres saat membuka Seleksi Tilawatil Qur'an dan Musabaqoh dan Hadist (STQH) tingkat Nasional XXVII di Jambi, Selasa (31/10/2023).

"Saya meyakini tantangan yang kian berat saat ini justru menuntut generasi qur'ani yang semakin kuat," sambung Wapres.

Ma'ruf Amin berharap generasi muda muslim menjadi generasi qur'ani yang tidak hanya mampu membaca Al-Qur’an, namun dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Namun tentu saja, yang dimaksud membaca dan mengajarkan di sini bukan semata membaca huruf demi huruf, dengan tajwid dan qiro’ah, melainkan kita harus mempelajari maknanya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.

Baca juga:

Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Ma'ruf meminta generasi muda meningkatkan prestasi diri melalui literasi Al-Qur'an.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!