NASIONAL

Tol Cisumdawu Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran

"Ruas jalan tol itu akan beroperasi selama delapan jam."

AUTHOR / Arie Nugraha

Tol Cisumdawu Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran
Foto udara proyek Jalan Tol Cisumdawu seksi 4 di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (10/4/2023).ANTARA/Raisan Al Farisi

KBR, Bandung - Tiga ruas jalan tol di Jawa Barat akan difungsikan gratis saat mudik Lebaran 2023. Ruas jalan tol itu antara lain Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jakarta-Cikampek (Japek 2), dan ruas jalan tol Bogor-Sukabumi.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Ahmad Koswara, ruas jalan tol itu akan beroperasi selama delapan jam.

"Cisumdawu yang dioperasikan nyambung sampai dengan Cipali itu satu arah dari Cimalaka sampai Cipali. Dan waktu operasionalnya jam 06.00-15.00 WIB. Kemudian ada Tol Japek 2 Karawang sampai dengan Sadang," ujar Koswara di Bandung, Kamis (13/4/2023).

Koswara mengatakan, tiga ruas jalan tol baru itu difungsikan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di jalan provinsi ataupun nasional saat mudik Lebaran.

Baca juga:

Koswara memperkirakan ada 20 juta kendaraan pemudik masuk ke Jawa Barat. Sedangkan saat arus balik, diprediksi sekitar 14,9 juta kendaraan pemudik akan melintas.

"Jadi di situ ada pergerakan di jalur lintasan sekitar lima juta kendaraan pemudik. Jalur lintasan ini dari arah Jakarta yang menuju ke arah timur Pulau Jawa," kata Koswara.

Editor: Wahyu S.

  • Puncak Arus Mudik
  • mudik gratis
  • kemacetan
  • Idulfitri 2023

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!