NASIONAL

Gibran Rakabuming Bocorkan Sejumlah Program Kampanye

"Nanti akan kami tambahkan lagi, kredit startup milenial, ini untuk bisnis-bisnis yang berbasis inovasi,"

AUTHOR / Muthia Kusuma

Gibran
Bacawapres Gibran Rakabuming Raka (kiri) berpidato saat deklarasi pasangan capres dan cawapres Prabowo-Gibran di Jakarta, Rabu (25/10/2023). Foto: ANTARA/Galih

KBR, Jakarta- Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membocorkan sejumlah program unggulan pada Pemilihan Presiden 2024. Cawapres Gibran mengatakan, salah satunya yaitu dana abadi pesantren. 

"Dana Abadi Pesantren ini adalah mandat dari Undang-Undang Nomor 18 tahun 2019, sekarang sudah ada yang namanya KUR, sudah ada yang namanya Kredit Mekar, sudah ada wakaf mikro, ada kredit ultra mikro. Nanti akan kami tambahkan lagi, kredit startup milenial, ini untuk bisnis-bisnis yang berbasis inovasi," ucap Gibran  saat deklarasi Capres-Cawapres Prabowo-Gibran di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Rabu (25/10/23).

Cawapres Gibran Rakabuming menambahkan, saat ini pemerintah sudah mempunyai program Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Gibran, yang juga Wali kota Solo itu menyebut akan menambahkan dengan program Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk lansia.

Selain itu, ada juga program untuk ibu dan anak, yaitu kartu anak sehat untuk cegah stunting atau tengkes. Kemudian hilirisasi untuk komoditas tambang, pertanian dan perikanan. Selain itu, ada juga program ekonomi hijau dan energi hijau berkelanjutan.

Baca juga:


Usai Gibran mengakhiri orasinya, Prabowo bertanya kepada hadirin dari unsur partai politik, tim sukses, hingga relawan terkait keputusan memilih Gibran sebagai cawapres.

"Bagaimana? Engga salah pilihan kan aku, paten engga? Paten engga wakil presiden kita?" tanya Prabowo kepada pendukungnya.

Prabowo yang masih aktif menjadi Menteri Pertahanan itu juga meminta tanggapan pendukung terkait usia keduanya yang sempat menjadi polemik di Mahkamah Konstitusi.

"Terlalu muda engga? Gue terlalu tua engga?" sambung Prabowo.

Baca juga:

Usai agenda deklarasi tersebut, Prabowo-Gibran menuju kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, di Jakarta Pusat untuk melakukan pendafaran capres dan cawapres. 

Prabowo-Gibran didukung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari sembilan partai politik. Diantaranya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), Partai Prima dan terbaru Partai Solidaritas Indonesia (PSI).


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!