NASIONAL

Terima Xanana, Presiden Jokowi Dorong Penyelesaian Batas Negara

“Kita sepakat mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara."

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Presiden Joko Widodo menerima Xanana Gusmao
Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Bogor, Jumat (26/01/24). (Setpres)

KBR, Jakarta-  Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri  Republik Demokratik Timor-Leste, Xanana Gusmao, Jumat (26/1/2024) di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

Presiden Jokowi menyampaikan empat hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Xanana Gusmao, di antaranya soal reaktivasi pos lintas batas kedua negara.

“Kita sepakat mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara. Saya juga menyambut baik reaktivasi Joint Border Commitee untuk pengelolaan perbatasan, termasuk reaktivasi pos lintas batas,” kata Jokowi.

Kemudian, kata Jokowi, Indonesia bersepakat untuk menigkatkan kerja sama ekonomi dengan Timor Leste.

“Saya menyambut baik komitmen pemerintah Timor Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui perjanjian perlindungan investasi,” ujarnya.

Baca juga;

Presiden Jokowi  mengapresiasi kepercayaan Pemerintah Timor Leste terhadap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang ikut dalam proyek pembangunan jalan di Oecusse serta perluasan Bandara Internasional Dili, Timor Leste.


“Dan dengan penandatanganan MoU kerja sama teknologi informasi, kita juga mendorong kerja sama infrastruktur telekomunikasi termasuk rencana investasi fiber optik,” jelas Jokowi.

Dalam kesempatan itu, kedua negara juga membahas konflik di Myanmar dan mendorong penerapan Five Point Concensuss (Lima Poin Konsensus) guna menyelesaikan konflik.

“Terkait ASEAN, Indonesia berkomitmen terus mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN. Kami juga tadi membahas isu Myanmar di mana kedua negara sepakat untuk mendukung keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong Five Point Concensuss,” tuturnya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!