NASIONAL

Survei SMRC: Arah Dukungan Ormas Keagamaan di Pilpres 2024

Pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul di kalangan pemilih Nahdlatul Ulama (NU).

AUTHOR / Amanda Tities Kiesnaning Putri

Survei SMRC: Arah Dukungan Ormas Keagamaan di Pilpres 2024
(Dari kiri) Capres Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan dalam debat perdana di KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

KBR, Jakarta - Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mengungkap pola dukungan ormas keagamaan di Pilpres 2024. Peneliti SMRC Saiful Mujani mengatakan, pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul di kalangan pemilih Nahdlatul Ulama (NU).

Dari 23,3 persen responden NU, sebanyak 46 persen memilih Prabowo-Gibran, 30 persen mendukung Ganjar-Mahfud, dan 12 persen memilih Anies-Muhaimin.

Meskipun Muhaimin memiliki latar belakang NU, pengaruhnya terlihat lebih rendah dibanding Ganjar-Mahfud.

Sedangkan dari 73,8 persen yang mengaku bukan anggota NU, sebanyak 50 persen mendukung Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin 22 persen, dan Ganjar-Mahfud 18 persen.

Pasangan Prabowo-Gibran juga unggul di kalangan pemilih Muhammadiyah. Dari 3,2 persen reponden yang mengaku anggota Muhammadiyah, 48 persen memilih Prabowo-Gibran, 29 persen memilih Ganjar-Mahfud, dan 19 persen Anies Muhaimin.

Sementara dari 94 responden yang mengaku bukan anggota Muhammadiyah, 49 persen memilih Prabowo-Gibran, 21 persen Ganjar-Mahfud, dan 20 persen Anies-Muhaimin.

Baca juga:

Survei juga menangkap suara dari responden Gerakan 212. Dari 39 persen yang mengaku tahu gerakan tersebut, sebanyak 45 persen mendukung Prabowo-Gibran, 27 Persen memilih Anies-Muhaimin, dan 20 persen Ganjar-Mahfud.

Menurut Saiful jika pilpres berlangsung dua putaran, pasangan Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin yang akan lolos.

"Apabila 212 ini menguat yang unggul adalah Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran terpengaruh tapi tidak terlalu besar dan yang melemah adalah Ganjar-Mahfud," ujarnya dalam tayangan YouTube SMRC TV, Kamis (4/1/2024).

Survei dilakukan pada 29 November-8 Desember 2023. Jumlah responden sebanyak 4.540 orang. Tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dengan margin of error sekitar 2 persen.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!