NASIONAL

Surat Tertutup PDI-P untuk Budiman Sudjatmiko

Hasto mengeklaim, tindakan Budiman Sudjatmiko, malah membuat elektoral Ganjar Pranowo naik.

AUTHOR / Ken Fitriani

Surat Tertutup dari PDI-P untuk Budiman Sudjatmiko
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto saat menanggapi sikap Budiman Sudjatmiko di Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Selasa malam, (22/8). Foto: KBR/Ken

KBR, Yogyakarta- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan akan mengirimkan surat tertutup kepada salah satu kadernya, yakni Budiman Sudjatmiko.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, surat tertutup itu akan dikirimkan sebagai bentuk respons atas sikap Budiman Sudjatmiko yang belum lama ini menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden.

Padahal, bakal calon presiden (bacapres) PDI Perjuangan adalah Ganjar Pranowo.

"Jadi, kemarin sudah, kita ngurus rebound saja. Yang bersikap kan teman-teman seperjuangan dari Pak Budiman, biar mereka yang bersuara. Yang jelas, ya, nanti akan ada surat yang kita kirim oleh kepala sekretariat," katanya di Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Selasa malam, (22/8/2023).

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto enggan menjelaskan soal isi surat yang akan dikirimkan ke Budiman Sudjatmiko. Sebab, surat yang akan dikirim bersifat tertutup.

"Tanyakan saja ke Kepala Sekretariat, Pak Adi, surat yang dikirim itu apa isinya. Suratnya tertutup. Sampai dulu ke alamatnya," ujarnya.

Menurut Hasto, tanggapan terkait sikap Budiman Sudjatmiko sudah banyak, termasuk dari generasi milenial.

"Menurut mereka Pak Budiman ini seperti memiliki kekasih baru. Jadi biar asyik dengan kekasihnya. Toh, tiga bulan nanti akan ketahuan bagaimana kekasih barunya itu," kata Hasto.

Elektoral Ganjar

Hasto mengungkap, saat ini PDI Perjuangan justru fokus pada pergerakan ke bawah. Ia mengeklaim, tindakan Budiman Sudjatmiko, malah membuat elektoral Ganjar Pranowo naik.

"Ternyata elektoral Pak Ganjar rebound. Hari ini dapat dukungan, besok dapat dukungan budayawan. Artinya berpolitik itu harus dilakukan dengan etika yang baik," imbuhnya.

"Jangan korbankan suatu integritas kita, karena bagi seorang politisi itulah yang paling penting. Bagi seorang pejuang terutama, integritas itu melekat dalam karakter kita. Yang penting kita semua bergerak," pungkasnya.

Budiman Sudjatmiko dan Prabowo Subianto

Sebelumnya, Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto di Pemilu 2024.

Dukungan ini dilaksanakan di acara Deklarasi Prabowo Budiman Bersatu atau Prabu di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 18 Agustus 2023.

Pertemuan Budiman dan Prabowo bukan kali ini saja, keduanya juga pernah bertemu pada Selasa malam, 18 Juli 2023.

Pertemuan itu diduga dilakukan Budiman tanpa sepengetahuan PDIP. Buntut pertemuan itu, PDIP bakal memanggil Budiman untuk meminta klarifikasi.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!