NASIONAL

Strategi Satgas Pangan Polri Mengamankan Pasokan Pangan

Pengecekan stok beras dan bahan pokok penting lain dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan di masyarakat.

AUTHOR / Astri Septiani

Strategi Satgas Pangan Polri Mengamankan Pasokan Pangan
Warga menggendong beras SPHP dari pasar beras murah di Pasar Badung, Denpasar, Bali, Selasa (5/3/2024). (Foto: ANTARA/Fikri Yusuf)

KBR, Jakarta- Satgas Pangan Polri mengantisipasi pasokan dan distribusi pangan menjelang Ramadan. Juru bicara Mabes Polri, Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Satgas Pangan berupaya mengamankan dan memastikan ketersediaan hingga distribusi pangan berjalan lancar hingga sampai di masyarakat.

"Sebagai contoh, polda jajaran juga telah melaksanakan pengecekan ketersediaan bahan pokok serta melakukan peninjauan pada pasar di wilayah masing-masing guna menjaga dan menjamin stabilitas ketersediaan bahan pokok. Harapannya ini menjadikan stabilitas harga bahan pokok penting di masyarakat sesuai prosedur dan masyarakat perlu kami imbau menjaga keamanan dan ketertiban," kata Trunoyudo pada konferensi pers, Rabu, (06/03/24).

Kata dia, pengecekan stok beras dan bahan pokok penting lain dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan di masyarakat. Upaya itu dilakukan bersama Satgas Pangan, Badan Pangan Nasional (Bapanas), Badan Usaha Logistik (Bulog), Kementerian, Pemerintah Daerah, hingga Asosiasi.

Kata dia, Satgas Pangan dan polda juga akan berkoordinasi dengan Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) melalui program pasar murah di daerah.

"Sehingga harapannya dapat menekan harga beras," tambahnya.

Baca juga: 

Ekonom INDEF: Intervensi Pemerintah Tidak Efektif Tekan Harga Beras

Jokowi Klaim Aman

Awal pekan lalu, Presiden Jokowi menanggapi pertanyaan wartawan soal kenaikan harga sejumlah komoditas dalam sepekan seperti beras hingga telur ayam. Menurutnya, persiapan stok pangan jelang Lebaran, menjadi perhatian pemerintah. Namun, ia mengeklaim stok beras aman.

"Ini mau Lebaran sehingga persiapan-persiapan mengenai ketersediaan, utamanya bahan pokok itu menjadi sangat penting. Untuk beras saya kira stoknya enggak ada masalah, dan bahan-bahan lainnya nanti secara detail saya lihat di lapangan," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, (04/03/24).

Jokowi juga mengeklaim harga beras di sejumlah pasar seperti Pasar Cipinang, Pasar Johar, di Karawang, sudah mulai turun. Ia juga berharap panen raya yang kemungkinan akan terjadi sebulan ke depan bakal membuat harga beras turun.

Di momen itu presiden juga meminta wartawan mengecek sendiri harga beras ke pasar-pasar untuk membuktikan. Jokowi mengaku, terus mengecek perkembangan harga beras setiap hari.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!