NASIONAL

Stok Darah di PMI Kurang Ideal, Wapres Ajak Masyarakat Rutin Donor

Jumlah darah di PMI 91.000 kantong, sedangkan jumlah ideal adalah 2,5 persen sekitar 7 juta kantong darah.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Wahyu Setiawan

Perubahan Harga Beras selama 10 Tahun Jokowi Memimpin
Warga mendonorkan darah di mobil donor darah bergerak PMI di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (19/7/2024). ANTARA FOTO/Umarul Faruq

KBR, Jakarta – Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) seluruh Indonesia kurang dari jumlah ideal.

Hal itu dia sampaikan saat acara Penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) 2024, Senin (5/8/2024).

"Saat ini stok darah di Unit Donor Darah PMI di seluruh Indonesia baru mencapai sekitar 91.000 kantong, sedangkan jumlah ideal ketersediaan darah adalah 2,5 persen dari jumlah penduduk, yang berarti kita harus memiliki stok sekitar 7 juta kantong darah per tahun," ucapnya.

Wapres mengatakan, masyarakat perlu terus dimotivasi agar mau menjadi pendonor darah sukarela secara teratur. Sehingga kekurangan stok darah dapat segera diatasi.

"Bersama-sama kita harus dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana, meningkatkan kualitas darah, hingga menyusun sistem pembinaan yang lebih intens agar masyarakat semakin termotivasi melakukan donor darah secara rutin," terangnya.

Maruf juga mendapat laporan saat ini Indonesia masih bergantung pada impor produk obat turunan plasma yang dibuat dari plasma darah manusia.

"Untuk itu, saya mohon PMI dan lembaga terkait untuk terus mengembangkan program fraksionasi plasma lokal yang dapat mengurangi kebutuhan plasma impor," tuturnya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!