NASIONAL

Sepanjang Desember, Densus 88 Antiteror Tangkap 26 Tersangka Teroris

""Ada dua jaringan ya, baik dari jaringan JAD, dan jaringan terorisme JI""

AUTHOR / Astri Yuanasari

Sepanjang Desember, Densus 88 Antiteror Tangkap 26 Tersangka Teroris
ilustrasi anggota Densus 88 Antiteror. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengklaim telah menangkap 26 tersangka teroris sepanjang Desember 2022.

"Densus 88 Antiteror telah melakukan penegakan hukum terhadap 26 tersangka. Pengungkapan tersebut di lima provinsi. Pertama di Jawa Tengah," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Ahmad Ramadhan dalam keterangannya di Polda Jawa Barat, Rabu (21/12/2022). 

Ahmad Ramadhan menjelaskan, tersangka terduga teroris itu tergabung dalam dua jaringan yaitu 14 tersangka merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan 12 tersangka tergabung jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

"Ada dua jaringan ya, baik dari jaringan JAD, dan jaringan terorisme JI. Di Jawa barat ada 6 tersangka ini pasca peristiwa bom bunuh diri (Polsek Astana Anyar). Ada 6 tersangka yang telah ditangkap dan diamankan oleh densus 88. Dari 6 tersangka tersebut 3 tersangka sudah dilakukan penahanan dan 3 tersangka lainnya masih dalam proses pemeriksaan," jelasnya. 

Ahmad Ramadhan merinci, pada 1 Desember 2022, ada tujuh tersangka yang ditangkap di Jawa Tengah, kemudian pasca bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar di Bandung, ada satu tersangka lain yang ditangkap di Jawa Tengah.

Kemudian, di Jawa Barat ada enam tersangka yang ditangkap pasca kejadian bom bunuh diri Polsek Astana Anyar. Selanjutnya ada 10 tersangka yang ditangkap di Sumatera Utara, dan masing-masing satu tersangka ditangkap di Sumatera Barat dan Riau.

"Tentu akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," pungkas Ahmad Ramadhan.

Berita terkait:

Peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung terjadi pada Rabu (7/12/2022) lalu. Dua orang tewas dan 11 luka-luka akibat peristiwa tersebut. Dari dua orang yang tewas, satu di antaranya merupakan pelaku bom bunuh diri, satu orang lagi anggota Polsek Astana Anyar Bandung.

Editor: Kurniati Syahdan

  • Teroris
  • Terorisme
  • Densus 88
  • Mabes Polri
  • JAD
  • Jamaah Islamiyah
  • bom bunuh diri
  • polsek astana anyar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!