NASIONAL

Sarasehan 100 Ekonom, Anies: Adil Makmur untuk Semua

"Kita perlu meraih Indonesia adil makmur untuk semua."

AUTHOR / Hoirunnisa

Visi ekonomi Capres Anies Baswedan
Capres Anies Baswedan saat Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Rabu (08/11/23). (Antara/Indrianto Eko)

KBR, Jakarta-  Calon Presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengungkapkan visi ekonominya untuk  menghadirkan Indonesia adil makmur untuk semua. Hal itu disampaikannya dalam paparan gagasan ekonomi pada Sarasehan 100 Ekonom 2023 dari INDEF dan CNBC pada Rabu, 8 November 2023.

Anies mengatakan akan melakukan perubahan paradigma yakni  pergeseran ekonomi dari fokus utama pada pertumbuhan menjadi  menuju pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan. Selanjutnya melakukan pendekatan sektoral dan teritorial, kemudian menuntaskan persoalan warga bukan hanya penyelesaian proyek pemerintah.

"Kami melihat kita perlu meraih Indonesia adil makmur untuk semua. Fokusnya ada empat,  manusianya, ruang hidupnya, interaksinya dan institusinya. Untuk kualitas manusia, kita menginginkan agar keterdidikan dan kondisi kesehatan berkualitas untuk semua. Misinya pada penguatan keluarga. Kita berharap outcome nanti adalah pengembangan kualitas manusia yang merata di seluruh Indonesia," ujar  calon presiden, Anies Baswedan dalam paparan gagasan di acara Sarasehan 100 Ekonom 2023 dari INDEF dan CNBC dengan tema "Akselerasi Menuju Ekonomi Indonesia Yang Hijau, Inklusif, dan Unggul" di kanal youtube INDEF, Rabu (8/11/2023).

Anies mencontohkan struktur institusi sekolah yang berbentuk piramid, lantaran jumlah bangku SD dengan SMA tidak sama. Akibatnya saat penerimaan murid baru banyak yang berebut kursi di jenjang yang lebih tinggi.

"Akar masalahnya bangkunya kurang. As simple as that." urai bekas gubernur Jakarta itu.

Anies Baswedan menyebut,   misi utamanya yakni mendorong kota maupun desa yang maju dan menciptakan lingkungan hidup yang lestari dengan keadilan ekologis.

Kata dia dengan begitu akan tercipta sebuah pemerataan akses ekonomi dan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan.


Baca juga:

Calon Presiden Anies Baswedan menekankan pentingnya biaya hidup murah dan kebutuhan pokok yang tersedia. Menurut Anies pengentasan kemiskinan bisa dilakukan dengan memperluas kepastian penciptaan lapangan kerja berkualitas.

Kata Anies kedepan nanti, Ia akan memulihkan kualitas demokrasi RI dengan  mengembalikan good governance dalam menjalankan pemerintahan.

"Dan ini akan memberikan kepastian hukum bagi siapapun juga. Dan Indonesia yang amat luas ini perlu ada sinkronisasi atas kebijakan nasional sampai daerah," kata Anies.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!