NASIONAL

Ribuan Prajurit TNI dan Tentara 17 Negara Ikuti Latihan Bersama SGS 2023

"Latihan kali ini akan dilaksanakan selama 14 hari atau dua minggu yang diikuti oleh 17 negara."

AUTHOR / Hermawan Arifianto

Latma Super Garuda Shield
Panglima TNI Yudo Margono membuka Latma Super Garuda Shield (SGS) di Puslatpur Marinir Baluran, Situbondo, Jatim, Kamis (31/08/23). (Antara/Novi Husdinariyanto)

KBR, Situbondo-    Sebanyak 2800 lebih prajurit TNI bersama 2100 lebih tentara asing dari 17 negara mengikuti Latihan Bersama Super Garuda Shield 2023 di Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi Jawa Timur. 
Panglima TNI Yudo Margono menyebut Latihan bersama Super Garuda Shield 2023 ini menjadi ajang berbagi pengetahuan dalam meningkatkan kemampuan dan profsesionalisme prajurit TNI. 

Kata dia, dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini diharapkan dalam latihan ini ada doktrin baru yang diperoleh dari  tentara asing.

Menurut Yudo, dengan Latihan bersama yang melibatkan ribuan prajurit TNI dan tentara asing ini, akan banyak manfaatnya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI. Yudo mencontohkan, seperti Latihan gabungan TNI beberapa waktu lalu menjadi evaluasi TNI untuk mengubah doktrin yang sudah ada kaitan dengan alustsista, perkembangan situasi maupun siber dari lainya.

“Pada latihan kali ini akan dilaksanakan selama 14 hari atau dua minggu yang diikuti oleh 17 negara. Dimana enam negara mengirimkan pasukan dan 11 negara mengirimkan observer. Kemudian untuk Latihan yang akan dilaksanakan selama 14 hari itu secara bertahap mulai dari staf exercise yaitu setingkat brigade dan batalion,” ujar Yudo Margono saat menggelar konfrensi pers pembukaan Latma SGS 2023 di Puslatpur 5 Marinir Situbondo, Jatim, Kamis (31/8/2023)

Baca juga:

Penetapan Komcad 2023, Begini Pesan Jokowi

- Lantik Perwira Remaja, Panglima Ingatkan Ancaman Biologis hingga AI

Latihan gabungan bersama 17 negara asing dari negara yang ada di kawasan Indo-Pasifik ini akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai 31 Agustus hingga 13 September akan datang. Kata Yudo, dari 17 negara itu enam negara mengirim pasukan dan 11 negara mengim observer.

Latihan bersama Super Garuda Shield 2023 ini melaksanakan operasi gabungan bersama di beberapa titik. Salah satunya di Puslatpur 5 Marinir Baluran, Situbondo. Selain itu juga di lapangan Grati Banyuwangi dan Bandara Banyuwangi, Lanud Juanada dan beberapa daerah lainya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!