NASIONAL

Resmikan Tol Cisumdawu, Ini Harapan Jokowi

"Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati."

AUTHOR / Arie Nugraha

Tol Cisumdawu
Presiden Joko Widodo meresmikan tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jabar, Selasa (11/07/23). (Setpres)

KBR, Bandung-  Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang lebih 61,75 kilometer di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Proyek strategis nasional yang dimulai 12 tahun lalu itu menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) ke Cikopo-Palimanan (Cipali).

Menurut Joko Widodo pembangunan Tol Cisumdawu ini menghabiskan biaya Rp 18,3 triliun. Rinciannya,  dari pemerintah Rp 9,07 triliun dan sisanya dari kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) swasta.

"Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati. Dulu memang ini kita kerjakan bersama-sama agar jalan tol jadi, Bandara Kertajati jadi, berbarengan. Tetapi sekali lagi karena pembebasan lahan, Airport Kertajatinya selesai, tolnya belum selesai. Sehingga ini mengganggu operasional dari Airport Kertajati," ujar Joko Widodo di Kabupaten Sumedang, Selasa, 11 Juli 2023.

Presiden Joko Widodo mengatakan Tol Cisumdawu memiliki terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter merupakan satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki fasilitas tersebut.

Joko Widodo berharap keberadaan jalan tol yang dibangun sejak 2011 ini dapat menyokong operasional penuh Bandara Kertajati yang rencananya dimulai Oktober 2023.

Jalan Tol Cisumdawu akan membentang sepanjang 61,75 kilometer menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung dengan Dawuan, Kabupaten Cirebon.

Baca juga:

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan dengan keberadaan jalan tol Cisumdawu akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jawa Barat, setidaknya mencapai 6 persen tahun 2023.

"Mudah-mudahan semua PSN (Proyek Strategis Nasional) di Jawa Barat lancar. Setiap kenaikan Jabar sama dengan kenaikan Indonesia," ujar Ridwan Kamil dalam siaran persnya, Bandung, Sabtu, 24 Juli 2023.

Tol Cisumdawu akan jadi akses cepat menuju Bandara Kertajati. Dari Cileunyi ke Kertajati nantinya hanya akan memakan waktu 1 jam dibanding kalau lewat jalan biasa 3 - 4 jam.

Tol ini juga telah menerapkan teknologi geofoam EPS, sebuah bahan konstruksi ringan yang dapat menahan longsor akibat tanah labil.

Ridwan Kamil mengatakan pemerintah berkomitmen memeratakan pembangunan melalui konektivitas wilayah, di antaranya dengan menghadirkan jalan tol.

"Melalui jalan tol, distribusi logistik antar daerah akan lebih cepat dan menciptakan multiplier effect yang nyata dirasakan masyarakat," kata Ridwan Kamil.

Selain fungsi dan teknologi, jalan tol Cisumdawu juga menawarkan pemandangan Gunung Geulis dan Gunung Manglayang yang ada di Kabupaten Sumedang.

Tol Cisumdawu juga memberikan pengalaman berkendara yang unik karena pengendara akan melewati terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter yang membelah perut bukit Cigendel di Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!