NASIONAL

Resmikan Gereja Katedral Kupang, Ini Harapan Jokowi

Presiden Jokowi berpesan bahwa selain untuk tempat ibadah, gereja tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

AUTHOR / Astri Septiani

Resmikan Gereja Katedral Kupang, Ini Harapan Jokowi
Presiden Jokowi meresmikan rehabilitasi Gereja Katerdal Keuskupan Agung Kupang, di Kupang, NTT, Rabu (6/12/2023). (Tangkapan Layar Youtube Setpres RI)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meresmikan Gereja Katedral Keuskupan Agung, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu, 6 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berpesan bahwa selain untuk tempat ibadah, gereja yang memiliki kapasitas 1.500 jemaat tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang lainnya, menyediakan ruang-ruang untuk membangun dialog, mempererat persaudaraan, mempererat kerukunan, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," kata Jokowi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (6/12/2023).

Jokowi menuturkan gereja tersebut telah dibangun dan direhabilitasi setelah mengalami kerusakan akibat terjangan badai seroja yang melanda Kota Kupang.

Dia menyebut renovasi gereja katedral dilakukan menyeluruh dengan membangun gereja baru yang lebih luas dari bangunan sebelumnya.

Baca juga:

- Resmikan RSUP dr. Ben Mboi, Jokowi: Terbesar di Indonesia Timur

- Jokowi: Harga Cabai dan Bawang di NTT Lebih Murah Dibanding Jawa

Saat ini, lanjut Jokowi, Gereja Katedral sudah dilengkapi dengan pembangunan sekretariat paroki, menara lonceng, ruang panel, dan genset. 

Jokowi juga mengaku terkagum atas keindahan wajah baru yang dimiliki gereja yang berada di Kota Kupang tersebut saat ini.

"Hari ini kita betul-betul bisa melihat bersama-sama wajah baru katedral, Gereja Katolik Kristus Raja Katedral di Kupang ini yang megah, yang indah, yang tertata rapi. Gereja bersejarah yang menjadi bagian dari keberadaan gereja katolik di Kota Kupang," pungkas Jokowi.

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!