Article Image

NASIONAL

Rekomendasi Liburan Bareng Pasangan di Hari Valentine

"Liburan Bareng Pacar Sehatkan Mental?"

KBR, Jakarta-Hari kasih sayang identik dengan coklat dan bunga untuk pasangan. Taukah kamu? Studi tahun 2013 dari U.S Travel Association menemukan fakta liburan bersama pasangan dapat memperkuat hubungan antar keduanya. Bahkan bisa membuat hubungan menjadi lebih sehat.

Kalau menurut Psikolog Mutiara Maharini, liburan dan menghabiskan waktu bersama pasangan mampu memberikan energi positif bagi kesehatan mental kita. Kenapa? Karena kalau kita menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta, akan tercipta suasana baru di hidup kamu, khususnya pasangan-pasangan yang punya hubungan positif sama kamu.

“Menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai itu sehat banget sih sebenarnya untuk mental kita, karena otak manusia itu di desain untuk mencari dan membutuhkan dan akan merasa senang ketika kita berinteraksi sama orang lain, apalagi kalo orang lain ini memang orang yang kita punya relasi yang positif nih sehingga akhirnya kita bisa merasa aman, merasa nyaman, merasa dicintai dan itu akan bikin kita moodnya jadi oke juga tuh,” kata Mahari.

Potret pantai dari laman Woderful Indonesia

Kalau diperkotaan kayak Jakarta, beberapa tempat seperti mall, café, dan wahana bermain bisa dijadikan tempat menghabiskan waktu bersama pasangan. Tapi, kata Ketua Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Azahari, tempat wisata yang punya nuansa romantis dan cocok buat quality time bareng pasangan itu pantai.

"Ini akan dikejar orang-orang berpasangan terkenal sekali, kan mau kesana dia, yaitu Gili Trawangan kan sudah sejak lama di lombok. Kemudian Pantai Ngurbloat, itu kalau gak salah di Desa Ngilngof, yaitu Maluku Tenggara ya. Jadi itu pasirnya terhalus di dunia. Kemudian ada lagi Gili yang pulau didepannya pulau Madura itu, di depan Sumenep kabupaten, itu kadar oksigennya terbesar atau terbanyak nomor dua di dunia."

Baca juga:

-  Teknologi Carbon Capture and Storage, Potensial tapi Mahal

Konser hingga Pertandingan Bola Kerap Over Capacity, Gimana Pengelolaan Manusianya?

Healing or Refreshing?

"Nah, kemudian kita juga tau ada Pantai Botubarani itu di Gorontalo, itu hanya 15 meter dari pantai itu ikan hiu paus, jinak sekali. Kita bisa dekat-dekat beliau, hanya kurang lebih 15 meter dari pantai. Kemudian Pantai Sabang dimana ikan dolphinnya itu banyak sekali, persis kayak di film melompat dan menjerit, menarik sekali."

Nah, selain rekomendasi dari Azril ada nih beberapa rekomendasi pantai dari indonesia.travel yang bisa jadi referensi kamu untuk berlibur bareng pasangan.

1. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai ini terletak di Kabupaten Donorejo, Pacitan. Nama ‘Banyu Tibo’ berasal dari bahasa jawa yang artinya ‘air jatuh’. Hal ini dikarenakan terdapat air terjun yang muncul dari mata air bawah tanah pegunungan karst di utara yang kemudian menjadi ciri khas dari pantai ini.

2. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini memiliki keunikan yaitu terdapat sebuah bukit kecil di bibir pantai yang menjorok ke laut di mana permukaannya diselimuti dengan pasir putih yang warnanya dapat berubah menjadi merah bila sore hari tiba. Perubahan warn aini terjadi akibat paparan sinar matahari senja.

3. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai ini terletak di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Birunya air laut dapat kamu nikmati sambil bersanti menunggu moment sunset untuk mendapatkan nuansa yang lebih romantis. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi penangkaran penyu untuk melihat proses perkembangbiakan penyu mulai dari bertelur hingga dewasa.

Tapi ada loh tempat liburan bareng pasangan yang paling pas dan romantis? Mau tau jawabannya? Yuk simak podcast What's Trending di link berikut ini: