NASIONAL

Prabowo Serahkan Lima Pesawat Buatan PT Dirgantara ke TNI AU

"Pengadaannya sesungguhnya sembilan unit, empat unit lain akan dikerjakan dan akan diserahkan pada saat yang akan datang,” kata Prabowo.

AUTHOR / Rangga Sugeri

Prabowo Serahkan 5 Pesawat Buatan PT Dirgantara ke TNI AU
Penyerahan Pesawat NC-212i dari Menhan kepada TNI Angkatan Udara di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur 12 Desember 2023 (Airmen TV Dispenau)

KBR, Jakarta- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan lima unit Pesawat NC-212i kepada TNI Angkatan Udara (TNI AU) di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Penyerahan pesawat ini diserahkan secara langsung kepada Wakasau Marsekal Madya Agustinus Gustaf Brugman guna mendukung operasional TNI AU.

Pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) ini bakal memperkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

“Kita merasa bangga pada pagi hari ini, kita dapat menyaksikan penyerahan pesawat terbang NC212i kepada TNI AU, Pengadaannya sesungguhnya sembilan unit, empat unit lain akan dikerjakan dan akan diserahkan pada saat yang akan datang,” kata Prabowo dalam acara penyerahan pesawat NC212i kepada TNI AU di Jakarta yang dipantau dari kanal YouTube Airmen TV Dispenau, Selasa (12/12/2023).

Prabowo mengatakan secara total pengadaan pesawat NC-212i oleh Kementerian Pertahanan sebanyak 9 unit. Ia menyebut empat pesawat lainnya tengah dalam proses pengerjaan.

Dia menyebut pesawat ini pesawat yang tangguh, bandel, dan bisa dioperasikann di tempat tempat yang sulit serta cocok untuk daerah Indonesia.

"Bangsa kita sangat membutuhkan tentara yang kuat dan sekarang tentara itu tidak bisa bekerja terpisah, harus bekerja dalam operasi gabungan tiga matra, harus bekerja sebagai satu bagian dengan segala aspek dari perang modern," tutur Prabowo.

Prabowo juga berharap industri pertahanan terus meningkat sampai nanti bisa memproduksi pesawat-pesawat tempur sendiri. Sebab, kata dia, industri pertahanan adalah sesuatu yang mutlak bagi negara yang berdaulat dan merdeka.

"Kita terus akan kembangkan pesawat-pesawat kita bertekad kita harus punya industri pesawat terbang yang tidak kalah dengan industri negara lain," jelas Prabowo.

Baca juga:

- Kenaikan Anggaran di Kementerian Pertahanan Dinilai Tak Wajar

Melansir PTDI, NC-212i merupakan jenis pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot

NC212i dilengkapi dengan winglet, ramp door, dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Hingga saat ini, terhitung sebanyak 122 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri.

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!