NASIONAL

Pilkada 2024, Calon Tunggal Muncul di 48 Daerah

Masa pendaftaran akan diperpanjang di puluhan daerah tersebut.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Wahyu Setiawan

Anies Tak Maju Pilkada Jabar, Meski Ada Partai Meminta
Komisioner KPU memberi keterangan pers pendaftaran Pencalonan kepala daerah Pilkada 2024, Jumat (30/8/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

KBR, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan total terdapat 48 pasangan calon tunggal dalam gelaran Pilkada Serentak 2024. Ketua KPU, Mochammad Afifuddin mengatakan 48 pasangan calon tunggal itu tersebar di berbagai tingkat wilayah.

Di tingkat provinsi, calon tunggal ada di Papua Barat.

"Wilayah dengan satu pasangan calon untuk provinsi, 1 provinsi, untuk kabupaten ada 42 kabupaten, untuk kota ada 5 kota, untuk wilayah dengan satu calon total ada 48 wilayah," ucapnya di Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Sementara itu, Komisioner KPU RI Idham Holik mengakui jumlah pasangan calon tunggal di pilkada tahun ini lebih banyak ketimbang Pilkada Serentak 2020.

"Memang dibanding Pilkada Serentak 2020 adanya peningkatan calon tunggal cukup signifikan, di 2020 hanya ada 25 pasang di tingkat kabupaten/kota, sekarang menjadi 48 pasangan calon di 48 wilayah," tuturnya.

Idham Holik mengatakan masa pendaftaran akan diperpanjang di puluhan daerah tersebut.

"Perpanjangan masa pendaftaran ini akan terlebih dahulu dilakukan masa sosialisasi. Sosialisasi selama tiga hari yaitu tanggal 30, 31 Agustus, 1 September. Mulai tanggal 2, 3, dan 4 selama tiga hari, KPU provinsi dan kabupaten/kota yang di mana ada calon tunggal dan masih tersisa partai politik yang belum bisa mengajukan bakal pasangan calonnya, maka dipersilakan untuk melakukan pendaftaran ya," kata Idham.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!