Article Image

NASIONAL

PHP (Pemilu Harapan Pemuda): Ulik Janji Manis Eversti Gerindra Ciptakan Young Entrepreneurs

"Suara pemuda masih jadi rebutan caleg melenggang ke Senayan. Eversti menjanjikan kemudahan legalitas untuk mendorong anak muda menjadi entrepreneur."

Disclaimer: konten ini bukan ajakan untuk memilih caleg atau parpol tertentu.

KBR, Jakarta - Pemilih muda jadi rebutan para politikus yang berkontestasi di pemilu karena jumlahnya yang dominan. Menjelang bonus demografi ketersediaan lapangan pekerjaan jadi tantangan yang harus dijawab para kandidat pemimpin. 

Makanya, calon legislatif maupun capres-cawapres berlomba membuat program untuk mencetak banyak pelaku wirausaha muda atau young entrepreneurs.

Eversti Nevalia, caleg Partai Gerindra dapil Jawa Barat 1, misalnya, juga mengusung program ini karena ekosistem digitalisasi makin mempermudah anak-anak muda membangun bisnis sendiri. 

“Anak muda lebih mau capeklah untuk mau belajar, bukan cuma jadi pekerja tapi juga mempekerjakan orang, kalau bisa membuka lapangan pekerjaan,” tutur perempuan yang akrab disapa Devay ini. 

Eversti bilang masih banyak kendala yang menyebabkan jumlah pengusaha muda tak kunjung berkembang. Angkanya di bawah 20 persen. Salah satunya karena kurangnya pengetahuan bahkan untuk hal-hal mendasar seperti pembukuan. Hal ini akan menyulitkan pengajuan kredit permodalan. 

“Misal mereka butuh modal sekian harus jelas juga nih bisnisnya ini apakah nanti akan bertahan, profitability-nya gimana at least setahun,” ujarnya.

Baca juga:

PHP (Pemilu Harapan Pemuda): Ulik Janji Manis Alween PKS Sejahterakan UMKM

PHP (Pemilu Harapan Pemuda): Ulik Janji Manis PSI, BPJS Gratis

Caleg Partai Gerindra Eversti Nevalia menyebut anak-anak muda mesti sering dimotivasi dan diajak sharing agar minat berwirausaha makin besar(Foto: Dok pribadi)

Peningkatan kapasitas menjadi hal penting yang harus menjadi perhatian, jika ingin menciptakan sebanyak mungkin pelaku wirausaha muda. 

“UMKM itu bukan cuma bikin bisnis, kita mengeluarkan modal, kita dapat duit. Tapi kita harus tahu apakah bisnis ini mau di-expand secara produk, mau di-expand secara quantity, paparnya.

Menurut Eversti, fasilitas permodalan sebenarnya sudah lebih banyak tersedia. Namun, kemudahan aksesnya yang masih menjadi pekerjaan rumah, sehingga butuh terobosan. 

"Ada corporate social responsibility permodalan kepada UMKM kecil di tempat-tempat tertentu, mereka punya actual opportunity yang sama sama orang-orang di kota. Mungkin mereka tidak punya akses untuk ke bank-bank di kota tapi mereka bisa di-datengin sama penyedia permodalan itu sendiri," kata Eversti.

Eversti pun menjanjikan akan mempermudah perizinan, legalitas, hingga permodalan bagi pengusaha-pengusaha muda, jika terpilih ke Senayan.

“Kemudahan untuk permodalan kita bantu semaksimal mungkin dengan peraturan dan regulasi yang cukup selaras dengan UU di Indonesia,” ujarnya.

Dengarkan obrolan lengkap Eversti Nevalia bersama host Uang Bicara, Aline Wiratmaja di Uang Bicara Episode PHP (Pemilu Harapan Pemuda) Ulik Janji Manis Eversti Gerindra Ciptakan Young Entrepreneurs, di KBR Prime, Spotify, Apple Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.