NASIONAL

Pemerintah Targetkan 41 PSN Rampung Tahun Ini, Telan Anggaran Rp544 Triliun

Proyek strategis ini diharapkan menjadi backbone daripada transformasi perekonomian.

AUTHOR / Shafira Aurel

Pemerintah Targetkan 41 PSN Rampung Tahun Ini, Telan Anggaran Rp544 Triliun
Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah (tengah) meninjau pembangunan PSN Waduk Keureuto di Desa Blang Pante, Aceh Utara, Selasa (30/4/2024). ANTARA FOTO/Rahmad

KBR, Jakarta - Pemerintah menargetkan dapat merampungkan 41 proyek strategis nasional (PSN) di tahun ini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pembangunan puluhan PSN itu diperkirakan menelan biaya Rp554 triliun.

"Dari 41 PSN (dengan nilai) 554 triliun diharapkan selesai di tahun 2024. Nah dari proyek strategis ini diharapkan menjadi backbone daripada transformasi perekonomian dan komitmen daripada para stakeholder di dalam menyelesaikan program, diharapkan bisa selesai pada waktunya," ujar Airlangga dalam acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN, Selasa (14/5/2024).

Airlangga menyebut ada beberapa kendala yang membuat sejumlah PSN belum rampung ini. Salah satunya terkait dengan perizinan dan pengadaan lahan.

Secara kumulatif Airlangga mengeklaim sebanyak 198 PSN telah selesai, 32 proyek dan 10 program beroperasi sebagian, dan 44 proyek serta 3 program dalam tahap konstruksi.

Dia yakin pembangunan PSN dapat berdampak pada perekonomian nasional dengan output investasi mencapai Rp3.344 triliun.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!