NASIONAL

Pemerintah Resmikan 51 Penyalur BBM Satu Harga

Peresmian ini sebagai upaya memberikan keadilan dalam penyediaan energi kepada masyarakat.

AUTHOR / Hoirunnisa

BBM Satu Harga
Ilustrasi Harga BBM. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

KBR, Jakarta - Pemerintah Resmikan 51 Penyalur BBM Satu Harga Pemerintah hari ini meresmikan 51 penyalur Program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, peresmian ini sebagai upaya memberikan keadilan dalam penyediaan energi kepada masyarakat.

"Dengan adanya BBM Satu Harga ini diharapkan masyarakat tidak sulit mendapatkan BBM, dan kemudian juga bisa mengurangi potensi-potensi kebocoran. Karena kalau yang bocor biasanya harganya mahal, jadi dengan mudahnya masyarakat mendapatkan BBM yang sesuai dengan harga standar, bahkan juga akan mencegah terjadinya kebocoran-kebocoran," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif di Sorong, Papua Barat Daya pada Jumat (24/11/2023).

Menteri ESDM didampingi Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati meresmikan 26 penyalur BBM Satu Harga untuk wilayah Papua dan Maluku. Peresmiannya dipusatkan di Terminal BBM Sorong, Papua Barat Daya.

Di saat bersamaan, 25 penyalur BBM Satu Harga yang tersebar di tiga lokasi lain juga turut diresmikan. Yaitu di Terminal BBM Krueng Raya-Aceh, Kabupaten Alor-Nusa Tenggara Timur, dan di Kabupaten Kapuas-Kalimantan Tengah.

Program BBM Satu Harga diatur dalam Peraturan Menteri ESDM tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan Secara Nasional.

Baca juga:

- Harga BBM Nonsubsidi Naik, Bakal Ada Eksodus Pengguna Ke BBM Subsidi?

- Pertamina: Solar Subsidi Meningkat 2 Juta Kilo Liter

Disalurkan 1,2 juta kiloliter sejak 2017

Sementara itu, PT Pertamina mencatat telah merealisasi penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga sebanyak 1,2 juta kiloliter (KL) sejak 2017 hingga Oktober 2023.

"Sejak tahun 2017 kita telah menyalurkan sebesar 1,2 juta kiloliter. Dan di tahun 2023 sendiri hingga bulan Oktober kemarin itu kita sudah menyalurkan 449 atau hampir 450 ribu kiloliter. Kepada BBM satu harga yang telah selesai dibangun di tahun 2023," ujar Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan dalam peresmian penyaluran BBM satu harga di Sorong, Papua Barat Daya, dikutip dari kanal Youtube KemenESDM, Jumat (24/11/2023).

Penyaluran BBM Satu Harga, kata Riva, memberikan berkah dan manfaat kepada seluruh masyarakat serta semakin mempercepat roda perekonomian.

Editor: Fadli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!