NASIONAL

Pekan Ini, Tahap Pertama Bantuan RI untuk Palestina

"Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina."

AUTHOR / Shafira Aurel

Palestina
Presiden Joko Widodo saat sampaikan rencana RI kirim bantuan ke Palestina, Senin, 30 Oktober 2023. (Foto: Screenshot Youtube Sekretariat Presiden RI)

KBR, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan mengirim bantuan sosial dan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina. Bantuan tahap pertama akan dikirimkan pekan ini.

"Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina. Dan kloter pertama (bantuan) akan dikirimkan minggu ini," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers secara daring pada Senin (30/10/2023).

Bantuan yang dikirimkan itu, menurut Jokowi, bersumber dari sumbangan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat umum. "Baru saja, saya memimpin rapat terbatas yang membahas soal Palestina."

Baca juga:

- Presiden Jokowi Ajak OKI Selesaikan Akar Masalah Kekerasan di Gaza

- Jokowi: Indonesia Dukung Perjuangan Kemerdekaan Palestina

Presiden Jokowi menambahkan, Indonesia menyatakan sikap sangat marah terhadap kondisi di wilayah Jalur Gaza yang semakin memburuk.

"Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza terutama situasi kemanusiaan. Kita terus ikuti secara dekat perkembangan di Gaza," tuturnya.

Jokowi pun mengajak semua pihak menghentikan kekerasan di Gaza. Sejalan dengan itu, gencatan senjata juga harus terus diupayakan.

Editor: Fadli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!