NASIONAL

Menteri LHK: Kini Banyak Lahir Gagasan Kepemimpinan Hijau

Sudah mulai melahirkan banyak inovasi berkelanjutan yang pro lingkungan dan menjadi titik awal lahirnya pemimpin-pemimpin hijau

AUTHOR / Hoirunnisa

EDITOR / Wahyu Setiawan

Menteri LHK: Kini Banyak Lahir Gagasan Kepemimpinan Hijau
Menteri LHK Siti Nurbaya (tengah) mengikuti rapat kerja bersama Komisi IV DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (12/6/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

KBR, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyebut saat ini gagasan kepemimpinan hijau atau green leadership mulai meluas di Indonesia.

Menurutnya, kepemimpinan hijau perlu dibarengi dengan dukungan pemerintah daerah untuk mewujudkan gerakan pro lingkungan.

"Sungguh sangat menggembirakan atas meluasnya gagasan kepemimpinan hijau di Indonesia saat ini. Di mana semua sektor dan semua kalangan lintas generasi baru yang bekerja pada pemerintah pusat, daerah, perusahaan swasta, dunia usaha, sudah mulai melahirkan banyak inovasi berkelanjutan yang pro lingkungan dan menjadi titik awal lahirnya pemimpin-pemimpin hijau," ujar Siti dalam sambutannya di Talkshow Green Leadership Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jumat (21/6/2024).

Menurut Siti, pemimpin harus menjadi titik pusat perubahan.

Selain itu, Siti juga mendorong pendidikan lingkungan kepada generasi muda untuk memupuk kepemimpinan hijau, salah satunya dengan program Green Leadership Indonesia (GLI).

"Kepemimpinan yang berwawasan lingkungan adalah kunci untuk mendorong perubahan yang positif dan berkelanjutan di tengah-tengah masyarakat kita," ujarnya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!