NASIONAL

Menhub: LRT Jabodebek Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

"LRT Jabodebek menjadi wujud modernisasi transportasi publik dengan berteknologi perkeretaapian yang semakin mumpuni dan kita harus bangga karena ini dikerjakan para anak bangsa,"

AUTHOR / Hoirunnisa

LRT Jabodebek karya anak bangsa
Tangkapan layar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Cawang, Jakarta, Senin (28/8/2023). ANTARA/Yashinta Difa

KBR, Jakarta- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut light rapid transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek), menjadi karya anak bangsa yang ramah lingkungan dengan mengutamakan keselamatan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan LRT merupakan transportasi masaal karya anak bangsa. Menurutnya, lebih dari 90% komponen LRT Jabodebek merupakan produk dalam negeri.

"Kami laporkan bahwa LRT Jabodebek adalah satu citra atau upaya kita mencapai ramah lingkungan tetapi mengutamakan safety dan layanan. Yaitu sudah terintegrasi ke berbagai moda transportasi lain di ibukota dan sekitarnya. LRT Jabodebek menjadi wujud modernisasi transportasi publik dengan berteknologi perkeretaapian yang semakin mumpuni dan kita harus bangga karena ini dikerjakan para anak bangsa," ujar Budi Karya Sumadi dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/8/2023).

Budi Karya menambahkan, LRT Jabodebek juga sudah berkolaborasi untuk mendorong transportasi massal lainya seperti Transjakarta, Jak Lingko, Kereta Cepat (KCIC) hingga MRT. LRT Jabodebek, kata dia, merupakan upaya pemerintah mengalihkan kemacetan dan polusi di Jakarta dan sekitarnya dengan cara menghadirkan moda transportasi ramah lingkungan.

Budi Karya berharap LRT Jabodebek bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Transportasi semacam ini, menurutnya, harus diinisiasi di daerah lain khususnya kota-kota besar yang padat penduduk dan mobilitasnya tinggi.

Baca juga:

- Kemenhub: Transportasi Umum Kurang Diminati Masyarakat

- Jokowi Targetkan LRT Jabodebek Beroperasi di Juli 2023

Kemenhub mencatat, hampir semua komponen LRT Jabodebek memang dikerjakan oleh perusahaan dalam negeri. Infrastruktur lintasannya dibangun PT Adhi Karya, keretanya dibuat oleh PT INKA, persinyalannya disiapkan PT Len Industri, dan operasionalnya dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan LRT Jabodebek, menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun. Jokowi berharap masyarakat bisa beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum massal.

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!