NASIONAL

Masih Dikaji, Terowongan Bawah Laut Hubungkan Balikpapan-IKN

"Yang terowongan bawah laut itu kan sebenarnya salah satu bentuk infrastruktur yang diputuskan supaya pembangunan jalur tol itu tidak merusak lingkungan."

Teddy Rumengan

terowongan
Deputi Otorita IKN Silvia Halim. (Foto: antaranews)

KBR, Jakarta – Rencana pembangunan terowongan bawah laut sepanjang enam kilometer yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga kini masih dalam pengkajian.

Deputi Otorita IKN Silvia Halim menjelaskan, pembangunan terowongan bawah laut itu masih menghitung sisi positif dan negatif, terutama dampak bagi lingkungan di Teluk Balikpapan.

“Yang terowongan bawah laut itu kan sebenarnya salah satu bentuk infrastruktur yang diputuskan supaya pembangunan jalur tol itu tidak merusak lingkungan. Tantangannya itu adalah, selain tantangan tekhnis adalah pembiayaan sebenarnya. Karena tidak mudah sebenarnya membangun emmerstanel sepanjang 6 kilometer kalau gak salah,” ujar Silvia Halim pada (9/3/2023).

Baca juga:

- Ancaman Resesi Global, Anggota DPR: Pembangunan IKN Tak Perlu Dikebut

- Jokowi: Pembangunan Dasar IKN Telah Dimulai

Silvia menambahkan, hingga kini belum ditentukan lokasi pembangunan terowongan bahwa laut tersebut. Karena, masih harus memperhitungkan kebutuhan anggarannya. Keberadaan terowongan bawah laut yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan lokasi IKN, diperkirakan mampu mempersingkat jarak tempuh dari dua jam menjadi hanya 30 menit.

Saat ini, menurut Silvia, pembangunan infrastruktur IKN sudah mencapai 23 persen. Pembangunannya fokus pada kawasan inti pusat pemerintahan.

Editor: Fadli

  • IKN
  • Balikpapan
  • terowongan bawah laut
  • terowongan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!